Lokasi gempabumi tektonik pada Kamis (29/4). (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Gempabumi terjadi pada Kamis (29/4) pukul 17.23 WITA. Dalam rilisnya, BMKG menyatakan wilayah Abang, Karangasem, diguncang gempabumi tektonik.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempabumi ini berkekuatan M=2,9. Episenter terletak pada koordinat 8,61 LS dan 115,60 BT, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 23 km Tenggara Klungkung – Bali, pada kedalaman 25 km.

Kepala Balai Besar BMKG Wilayah III Denpasar, Agus Wahyu Rahardjo, SP menyatakan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat adanya aktivitas sesar aktif di dasar laut. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempabumi memiliki mekanisme pergerakan mendatar (strike slip fault).

Baca juga:  Gempabumi Tektonik Guncang Karangasem

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di Abang II MMI (Getaran dirasakan oleh beberapa orang dan benda tergantung bergoyang). “Hingga pukul 18:24 WITA, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempabumi susulan,” jelasnya. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *