Dinsos Buleleng saat mengembalikan puluhang gepeng asal Karangasem ke Dinsos Karangasem Kamis (22/4). (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Setelah Kabupaten Badung yang memulangkan puluhan gelandangan pengemis (Gepeng) ke Karangasem, kini giliran Kabupaten Buleleng yang mengembalikan puluhan gepeng ke Karangasem. Para gepeng itu, diserahkan Dinsos Buleleng ke Dinsos Karangasem, Kamis (22/4).

Kadis Sosial kabupaten Buleleng, I Putu Kariaman Putra, mengatakan, pihaknya mengembalikan sebanyak 70 penggepeng yang berasal dari kecamatan Kubu, Karangasem. Mereka, terdiri anak-anak, maupun orang tua. “Untuk para penggepeng anak-anak sebanyak 33 orang dan 37 orang dewasa. Mereka diamankan oleh tim gabungan dari Satpol PP dan Dinas Sosial kabupaten Buleleng pada Rabu (21/4) malam,” ujarnya.

Baca juga:  Lapak PKL di Tukad Jinah Dibongkar

Kariaman menambahkan, pemulangan gepeng ini merupakan yang kesekian kalinya. Sebab, sebelumnya pihaknya juga telah mengembalikan gepeng ke Karangasem. “Karena hampir setiap bulan pasti ada saja gepeng asal Karangasem yang diamankan petugas. Sebelumnya, kita langsung kembalikan ke rumah mereka masing-masing. Baru kali ini kita serahkan ke Dinsos Karangasem,” katanya.

Sementara Kadis Sosial Karangasem, I Gede Basma mengatakan, pihaknya sangat mengucapkan terimakasih atas kerjasamanya atas pemulangan gepeng ini. Padahal, pemkab Karangasem telah melakukan berbagai upaya agar mereka tidak menggepeng lagi. Salah satunya dengan memberi bantuan bantuan yang diberikan ke lokasi asal penggepeng.

Baca juga:  Nusa Penida Festival Resmi Ditutup, HarapkanĀ Aura Berlanjut

“Kita akan terus berkomunikasi dengan perbekel asal Penggepeng untuk diberikan pemahaman kepada warganya itu agar tak menggepang lagi. Kita juga akan berupaya memberikan pelatihan-pelatihan kepada penggepeng sehingga mereka memiliki keahlian tersendiri. Dengan begitu, mereka tidak menggepang lagi,”jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *