Pertandingan kabaddi indoor. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Bali memastikan mengirim tim kabaddi putra dan putri, meskipun masih ekshibisi pada PON Papua, Oktober nanti. Pasalnya, selama ini prestasi kabaddi Bali senantiasa menjadi barometer di Indonesia. bahkan, atlet kabaddi Bali sering mewakili Timnas bertanding ke luar negeri, hingga merengkuh prestasi juara.

Wakil Ketua Pengprov FOKSI Bali Maryoto Subekti, di Denpasar, Selasa (20/4) mengemukakan, pihaknya berniat ikut berpartisipasi di ajang ekshibisi, sebab Pengprov FOKSI lainnya dipastikan banyak yang ambil bagian. “Jadi, kami akan menyeleksi atlet kabaddi Bali, dan rencananya menerjunkan atlet putra (12) dan putri (12),” ungkap Maryoto.

Baca juga:  Kembali Turun ke Jalan, Ini Permintaan ForBALI

Dijelaskannya, nomor yang dipertandingkan mencapai enam, terdiri atas free style, kemudian super five, serta seven for five putra dan putri. Sementara, satu nomor kabaddi yang belum bisa dipertandingan adalah best three. Upaya membentuk tim kabaddi Bali ke PON Papua, Maryoto berpesan supaya Pengkab dan Pengkot FOKSI se-Bali menyiapkan atletnya untuk selekda. “Kabaddi yang dipertandingkan ini digelar di indoor dan mengambil venue di Jayapura,” terangnya.

Baca juga:  Pelaksanaan Pertemuan IMF-WB Justru Picu Deflasi

Maryoto yang juga selaku Sekjen PP FOKSI ini akan berkirim surat kepada seluruh Pengprov FOKSI, supaya menyiapkan atletnya. “Kami harapkan partisipasi dari provinsi lain cukup antusias,” tuturnya. Diakuinya, tim kabaddi Bali sebagai kontestan, seluruh pembiayaan akan ditanggung secara mandiri. “Ya.. Kami akan berusaha menggalang dana untuk membiayai anak-anak berangkat ke Bumi Cendrawasih,” sebut dia.

Cabor kabaddi cukup berkembang pesat di Pulau Dewata. Bahkan, Ketua Umum PP FOKSI saat ini dipegang IGB Alit Putra. Pengprov kabaddi Bali berinisiatif sendiri memberangkatkan atlet ke PON Papua.

Baca juga:  Soal Dana BOS Langsung ke Rekening Sekolah, Ini Kata Disdikpora Bali

Disinggung soal pemberangkatan atlet untuk cabor ekshibisi, Ketua Umum KONI Bali Ketut Suwandi menyatakan, pihaknya belum berpikir mengirim atlet cabor ekshibisi. Apalagi, dana untuk pelaksanaan PON cukup besar dan KONI Bali minim dana. “KONI Bali tak membiayai atlet cabor ekshibisi,” kilahnya.

Selain cabor kabaddi, tercatat sembilan cabor lain ekshibisi menyemarakkan PON Papua, yakni E-sports, jujitsu, hapkido, kurash, kick boxing, sambo, triatlon, aero sport dan paramotor, serta modern penthalon. (Daniel Fajry/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *