I Gede Anom Ranuara. (BP/sue)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Senin (19/4), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Setelah Satu Ashram Dihentikan Aktivitasnya, Desa Adat Kesiman Bidik Ashram Lain

DENPASAR, BALIPOST.com – Baru dua bulan menjadi Bendesa Adat Kesiman, Jro Ketut Mangku Wisna bersama prajuru anyar sudah melakukan gebrakan. Yaitu membersihkan Kesiman dari aliran sampradaya atau disebut Non-dresta Bali.

Penutupan Ashram Krisna Balaram di kawasan Padanggalak adalah titik awal penyelamatan dresta adat di Kesiman. Prajuru dikatakan Wakil Bendesa Adat kesiman alias Petajuh Bidang Parahyangan, I Gede Anom Ranuara, S.Pd., S.Sn., M.Si., Senin (19/4), sedang membidk lokasi lain yang dijadikan tempat beraktivitas berbau sampradaya non-dresta Bali.

Selengkapnya baca di sini

2. Dugaan Penistaan Hindu oleh DMD, KMHDI Datangi Bareskrim Polri

Baca juga:  Penantian 28 Tahun, GWK Akhirnya Diresmikan Presiden Jokowi

JAKARTA, BALIPOST.com – Kesatuan Mahasiswa Hindu Dharma Indonesia (KMHDI) mendatangi Bareskrim Polri, Senin (19/4). Maksud kedatangan mereka untuk melaporkan Desak Made Darmawati (DMD) atas dugaan penistaan agama.

Ketua Presedium PP KMHDI, I Putu Yoga Saputra, dikutip dari Kantor Berita Antara, mengatakan telah mendatangi Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT) Bareskrim Polri untuk membuat laporan. Namun laporan tersebut belum diproses penyidik lantaran ada berkas yang belum lengkap.

Selengkapnya baca di sini

3. ETLE Diterapkan Akhir April di Bali, Baru Satu Titik Ini Dipasangi Kamera

DENPASAR, BALIPOST.com – Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE/penegakan hukum lalu lintas elektronik) akan diterapkan di wilayah Denpasar akhir April ini. Untuk wilayah Denpasar baru satu titik terpasang kamera ETLE yakni simpang Jalan Teuku Umar – Jalan Imam Bonjol (simpang Buagan), Denpasar Barat.

Baca juga:  Hanya Enam Parpol Diprediksi Lolos ke DPR

Saat dikonfirmasi, Dirlantas Polda Bali Kombes Pol. Indra, Senin (19/4), membenarkan saat ini sudah terpasang kamera ETLE di simpang Buagan, Denpasar. “Sekarang dalam proses penyempurnaan dan diintegrasikan dengan data Samsat atau ERI. Pelanggaran yang ter-capture diantaranya marka, tanpa helm, dan menerobos lampu merah,” ujarnya.

Selengkapnya baca di sini

4. Keluar Beli Obat, Mantan Anggota DPRD Jembrana Meninggal

NEGARA, BALIPOST.com – Seorang mantan anggota DPRD Jembrana, Ida Bagus Sudiana (78) meninggal dunia Sabtu malam (17/4). Mendiang yang asal Desa Mendoyo Dauh Tukad, Kecamatan Mendoyo, ini meninggal karena lakalantas.

Anggota DPRD Jembrana dari Fraksi PDIP Jembrana yang menjabat selama dua periode ini, mengalami kecelakaan ketika akan balik pulang dari membeli obat. AKBP Ida Bagus Surya Dharma, putra korban ditemui di rumah duka, Minggu (18/4) mengatakan tidak memiliki firasat apapun atas kepergian ayahnya tersebut. “Saya mendapat kabar ketika Ajik sudah di rumah sakit. Beliau keluar naik motor bilangnya beli obat,” katanya.

Baca juga:  Malam Hari, Antrean di Gilimanuk Lebih Padat

Selengkapnya baca di sini

5. Tak Lagi Bisa Andalkan Pariwisata, Ini Cara Badung Bertahan di Tengah Pandemi

MANGUPURA, BALIPOST.com – Pandemi COVID-19 membawa dampak signifikan terhadap Pemerintah Kabupaten Badung. Betapa tidak, 80 persen Pedapatan Asli Daerah (PAD) di Gumi Keris tergantung pada sektor pariwisata yang kini tengah terpuruk.

Kendati demikian, kabupaten yang dikenal terkaya di Bali ini tidak tinggal diam dengan melakukan langkah-langkah konkrit guna meminimalisasi dampak dari pandemi Covid-19. Sadar tak bisa lagi mengandalkan pariwisata, langkah pertama yang dilakukan adalah menghentikan sementara proyek fisik dan mengalihkan pada pemulihan ekonomi di tingkat grassroot (akar rumput) yakni masyarakat di tingkat bawah.

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.