Seekor anjing disuntik vaksin antirabies oleh petugas. (BP/ist)

TABANAN, BALIPOST.com – Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Tabanan akan melakukan vaksinasi rabies, Senin (19/4). Sasaran vaksinasi adalah Desa Denbantas, Kecamatan Tabanan karena adanya satu kasus positif rabies pada anjing.

Sebanyak 1.000 vial vaksin disiapkan oleh pemerintah untuk pelaksanaan vaksinasi rabies. Plt Kabid Peternakan, Dinas Pertanian Tabanan, Ni Nengah Pipin Windari, Minggu (18/4) menjelaskan, pascatemuan satu kasus positif di Denbantas, petugas sudah langsung turun melakukan pengecekan serta mengambil langkah vaksinasi. “Emergency vaksin ini dilakukan Senin sebagai langkah cepat menyusul adanya temuan positif rabies di Denbantas,” terangnya.

Baca juga:  Penanganan COVID-19, Segini Anggaran yang Sudah Dikeluarkan Gianyar

Untuk pelaksanaan vaksinasi rabies, lanjut kata Pipin, akan digelar di dua banjar setempat yakni Banjar Tuakilang Belodan dan Banjar Tuakilang Baleran. Terkait hal ini pihaknya menyarankan masyarakat setempat yang memiliki hewan peliharaan memanfaatkan program ini, karena petugas juga menyiapkan 1.000 dosis vaksin.

Di 2021, target vaksinasi rabies menyasar 71.062 anjing. Sedangkan pada 2020, estimasi populasi anjing di Tabanan diperkirakan mencapai 71.062 ekor dan telah tervaksin 51.331 ekor.

Baca juga:  50 Petugas Dikerahkan Vaksin 13 Persen HPR di Denpasar

Untuk pelaksanaan vaksinasi rabies 2021, bahkan sudah disiapkan 12.000 dosis vaksin dengan sumber dana dari APBD. Hanya saja dari jumlah itu masih kurang jika melihat estimasi populasi anjing di Tabanan. “Kami juga sudah meminta bantuan kepada pemerintah provinsi (Pemprov) Bali dan mendapatkan sebanyak 25.000 dosis,” terangnya. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

Warning: A non-numeric value encountered in /srv/users/serverpilot/apps/balipost/public/wp-content/themes/balipost/includes/wp_booster/td_block.php on line 1009

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *