Ilustrasi. (BP/Suarsana)

GIANYAR, BALIPOST.com – Gianyar kembali masuk zona risiko tinggi penyebaran COVID-19 dalam dua minggu terakhir. Sekretaris Komisi IV DPRD Gianyar, I Wayan Swarjaya Jumat (16/4) meminta Satgas Penanganan COVID-19 Kabupaten Gianyar kembali mengingatkan masyarakat disiplin dalam penerapan protokol kesehatan (prokes).

Diungkapkannya, selama hari raya Galungan terdapat begitu banyak upacara adat. Ini tentu secara tidak langsung berpotensi memicu kegiatan berkerumun.

“Di sini dewan mendorong Tim Satgas COVID terpadu untuk mengingatkan kembali masyarakat untuk tertib dan disiplin menerapkan prokes,” ucapnya.

Baca juga:  Gianyar Alami Lonjakan Kasus Positif COVID-19, Berikut Rincian Asal dan Pekerjaannya

Pemerintah, sebutnya, wajib mengingatkan masyarakat untuk penerapan sosial distancing dan physical distancing dalam tatanan kehidupan era baru. Ini mencakup memakai masker dan rajin mencuci tangan dengan sabun. Masyarakat diharapkan selalu menjaga jarak (tidak berkerumun) saat berkomunikasi dan berinteraksi dengan kerabat maupun masyarakat yang lain. “Yang terpenting masyarakat menjauhi tempat keramaian dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ucapnya.

Ini agar pandemi cepat berlalu dan Gianyar bisa keluar dari zona merah menuju zona hijau. Anggota Fraksi PDI Perjuangan DPRD Gianyar ini mengatakan walaupun ada kejenuhan, pemerintah mesti konsisten membangun kesadaran masyarakat secara bersama.

Baca juga:  Pasien Pengawasan COVID-19 Terbanyak di RSUP Sanglah

Juga membatasi kegiatan-kegiatan yang mengundang kerumunan. “Prinsipnya kita mesti bergerak bersama tetap konsisten melaksanakan prokes ketat di setiap kegiatan, kami berharap pandemi ini bisa cepat berlalu,” tambahnya. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.