Petugas sedang menyiapkan vaksin untuk disuntikkan pada penerima. (BP/eka)

TABANAN, BALIPOST.com – Vaksinasi COVID-19 untuk tiga kawasan zona hijau di kabupaten Tabanan digelar Jumat (16/4). Kegiatan dilakukan di Desa Beraban untuk DTW Tanah Lot, Desa Candikuning untuk DTW Ulundanu Beratan dan Desa Jatiluwih untuk DTW Jatiluwih.

Upaya ini dilakukan sebagai langkah akselerasi pemulihan kesehatan sekaligus pariwisata. Karenanya, masyarakat di tiga kawasan ini diminta mendukung penuh dan berpartisipasi agar terhindar dari paparan COVID-19.

“Vaksinasi serentak di tiga kawasan obyek wisata yakni Desa Beraban, Desa Candikuning dan Desa Jatiluwih, dilakukan di masing-masing banjar karena untuk sasaran vaksinasi jumlahnya dibatasi agar tidak menimbulkan kerumunan,” beber Kepala Dinas Kesehatan Tabanan, dr. I Nyoman Suratmika, Kamis (15/4).

Baca juga:  Disdik Tabanan Rancang Kelompok Belajar Siswa SD di Zona Hijau

Vaksin sudah diterima Jumat (9/4) dari Dinas Kesehatan Provinsi Bali dan sudah didistribusikan di masing-masing fasyankes (puskesmas) di tiga lokasi tersebut. “Jadi, petugas di tiap banjar ini tinggal mengambil vaksin di puskesmas terdekat. Karena vaksin ini harus disimpan pada suhu tertentu dalam tempat khusus,” terangnya.

Dan untuk pelaksanaan vaksinasi, tim tenaga kesehatan juga akan dibantu oleh jajaran OPD di lingkungan Pemkab Tabanan. Untuk satu banjar akan diampu oleh satu OPD dengan penyiapan 5 unit laptop dan lima orang petugas yang membantu dalam hal pendataan serta antrean.

Baca juga:  Pemda Perlu Bantu Biaya Vaksin COVID-19 Masyarakat

Sedangkan untuk jumlah tim nakes yang bertugas di tiap banjar akan disesuaikan dengan jumlah sasaran. “Bisa saja, dalam satu banjar ada dua tim vaksinasi dimana satu tim jumlahnya 15 orang tenaga kesehatan, dengan 2 sampai 3 orang vaksinator, jadi nakes ini bertugas mulai dari pendaftaran, screaning, pencatatan, observasi dan pemberian kartu untuk vaksinasi tahap dua,” jelasnya.

Ia menambahkan data angka sasaran di tiga lokasi tersebut, yakni di Desa Beraban menyasar 6.463 orang, Jatiluwih sebanyak 1.697 orang dan Ulundanu Beratan sebanyak 5.651 orang. Total ada 13.811 sasaran dengan dosis vaksinasi yang dibutuhkan untuk dua kali penyuntikan vaksin sebanyak 27.622 dosis. (Puspawati/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.