Sekitar 600 seniman divaksin, selanjutnya akan mengikuti pelaksanaan perhelatan PKB 2021. (BP/Kup)

GIANYAR, BALIPOST. com –  Sekitar 600 seniman di Kabupaten Gianyar yang akan terlibat dalam berbagai kegiatan parade lomba dan pagelaran diikutkan dalam kegiatan vaksinasi. Sekretaris Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar I Wayan Suwija mengatakan ratusan seniman Gianyar yang disuntik vaksin, Jumat (16/4) di Balai Budaya Gianyar akan tampil dalam Pesta Kesenian Bali ke-43 tahun 2021

Diungkapkannya, setelah mengikuti vaksinasi para seniman bisa melaksanakan latihan dengan baik sesuai dengan jadwal yang sudah disiapkan. Para seniman tersebut akan menjadi Duta Gianyar untuk mengikuti agenda terkait Pesta Kesenian Bali Tahun 2021.

Baca juga:  Harapan pada Pesta Kesenian Bali 2019

Selaku leading sektor kegiatan vaksin seniman, Wayan Suwija mengatakan disamping membentuk kekebalan tubuh, dengan diberikan vaksin akan memberikan dorongan secara psikologis kepada para seniman. Duta Kabupaten Gianyar diharapkan tampil dengan maksimal setelah mengikuti program vaksinasi.

“Kita berharap agar seniman Gianyar yang tampil di Pesta Kesenian Bali betul-betul merasa nyaman dan mampu tampil maksimal,” ucap Suwija.

Selain seniman, Suwija menyampaikan program vaksinasi juga menyasar Listibya dan Widyasabha. Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar melibatkan Listibya Kabupaten Gianyar sebagai pembinaan seni dalam program vaksinasi.

Baca juga:  Kembali, 3 Daerah Alami Penambahan Warga Positif COVID-19 Jenis Transmisi Lokal

Disbud juga melibatkan Widyasabha dalam vaksinasi karena juga membantu pelaksanaan di bidang sastra termasuk MDA Kabupaten Gianyar. “Semoga vaksinasi untuk ratusan seniman, Listibya dan Widyasabha bisa berjalan lancar,” harapnya.

Menurut Suwija, Gubernur Bali juga sudah memberikan surat edaran kepada semua bupati/wali kota se-Bali bahwa PKB akan dilaksanakan dan dibuka pada 12 Juni. Namun, pelaksanaan PKB 2021 ini agak berbeda dari tahun sebelumnya.

Tahun ini semua pagelaran dalam PKB  dilaksanakan secara virtual dan live. Semua Seniman serta tim pelatih yang terlibat dalam tampilan secara live mengikuti program vaksinasi. “Setelah divaksinasi, mereka bisa nyaman secara fisiologis, tenang saat pentas,” jelasnya.

Baca juga:  Nikmati Eksotisme Destinasi di Bali Barat Lewat Plataran X-Trail 2017

Mempercepat proses vaksinasi serta menghindari kerumunan, Dinas Kebudayaan Kabupaten Gianyar membuka 3 pos pelayanan vaksinasi untuk seniman, Listibya dan Widyasabha. Ini meliputi di Balai Budaya Gianyar dan dibantu 2 fasilitas kesehatan (faskes) meliputi Puskesmas Tegallalang 1 dan Puskesmas Gianyar 1.

Ayu salah satu seniman Gong Kebyar Wanita mengaku memiliki semangat berbeda karena bisa tampil dalam PKB 2021. Selain mengikuti vaksinasi, Ayu meyakinkan tetap mematuhi penerapan protokol kesehatan. (Wirnaya/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *