kintamani
Ilustrasi. (BP/dok)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Badan Meteorologi, Klimatologi, serta Geofisika (BMKG) Denpasar berencana memasang alat shelter seismik di Karangasem. Pemasangan alat itu, guna mengetahui titik lokasi gempa.

Kepala Pelaksana BPBD Karangasem, IB Ketut Arimbawa, mengungkapkan, shelter seismik merupakan alat untuk menghitung kekuataan gempa dan untuk mengetahui titik lokasi gempa sekitar Karangasem. “Sebelum alat dipasang, BMKG melakukan survei lokasi,” ujarnya.

Ia mengatakan alat itu rencananya bakal dipasang di wilayah Sidemen. Sesuai titik koordinat yang telah ditentukan tim teknis BMKG.

Baca juga:  Dampak Gempa di Malang Didata, Sejumlah Kecamatan Laporkan Kerusakan

Arimbawa, menambahkan, wilayah Sidemen dipilih dengan pertimbangan lempeng bebatuan dan noise yang mengganggu sensor. Rencana pemasangan alat itu, disambut positif oleh warga setempat. “Dengan adanya alat itu nantinya, warga bisa mengetahui kondisi sekitar laut,” katanya.

Dia menjelaskan, terkait pemasangan shelter seismik itu pihaknya telah berkomunikasi dengan Bupati Karangasem, Gede Dana. Bupati merespons positif dan mendukung kegiatan BMKG. “Bupati berharap agar alat yang direncanakan bisa segera dipasang sesuai lokasi yang dipilih,” jelas Arimbawa.

Baca juga:  Jelang Nataru, Polair Gelar Patroli di Perairan Karangasem

Lebih lanjut dikatakannya, BMKG juga berencana menggelar pelatihan sekolah lapang cuaca nelayan di tiga lokasi di Karangasem. Diharapkan, pelatihan ini membantu nelayan dalam meningkatkan kapasitas, dan kesiapsiagaan hadapi bencana di laut. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *