Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com –  Penerimaan mahasiswa baru di Universitas Udayana, sudah mulai digelar. Untuk 2021 ini, Unud menargetkan daya tampung mahasiswa sebanyak 6.349 orang mahasiswa.

Menurut Wakil Rektor Bidang Akademik Unud, Prof. Dr. Ir. I Nyoman Gde Antara, M.Eng., untuk penerimaan mahasiswa jalur SNMPTN, Unud sudah meloloskan 2.035 orang. Sedangkan, penerima Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) sebanyak 402 orang. “Bagi yang dinyatakan lolos SNMPTN ini selanjutnya akan dilakukan Verifikasi Nilai rapot dan Test kesehatan dan test bebas narkoba,” katanya saat di konfirmasi, Senin (29/3).

Dijelaskan Antara, untuk verifikasi nilai raport, tes kesehatan atau bebas narkoba ini akan dilakukan pada 19- 21 April 2021 yang bertempat di Kampus Bukit Jimbaran. Dalam hal ini, untuk mahasiswa yang bersangkutan, harus datang langsung dengan membawa dokumen yang sudah ditentukan. “Bagi yang tidak lolos verifikasi dan tes kesehatan, akan dinyatakan gugur. Sedangkan, kursi kosong yang tidak diisi ini akan dicarikan pada jalur berikutnya yakni jalur SBMPTN,” bebernya.

Baca juga:  Beri Kenyamanan Mahasiswa Baru, Unud akan Berdayakan Asetnya

Sementara, untuk Jalur SBMPTN akan dilakukan secara serentak di Indonesia dengan 2 gelombang. Untuk gelombang 1 tanggal 12-18 April 2021 dan Gelombang 2 tanggal 26 April – 2 Mei 2021. “Untuk pengumuman kelulusannya tanggal 14 Juni 2021. Untuk jalur ini, Unud menarget sebanyak 2.466 orang mahasiswa baru,” tambahnya.

Namun kata dia, bagi mahasiswa yang sudah dinyatakan lolos pada jalur SNMPTN, tidak bisa lagi mengikuti test SBMPTN. Setelah dua jalur ini selesai, untuk jalur ketiga yang akan dibuka yakni jalur Mandiri, dengan target sebanyak 2.033 orang mahasiswa.

Baca juga:  Pembunuhan Adik Kandung, Perkelahian Sempat Dilerai Orangtua

Untuk jalur Mandiri ini, peserta test harus datang di Kampus Unud secara langsung. Pendaftaran dimulai 11 Mei sampai 25 Juni 2021. Sedangkan untuk pelaksanaan UTBK nya akan dimulai 12-17 Juli 2021.

Pengumuman dilakukan 23 Juli 2021. Bagi yang sudah dinyatakan lulus, registrasi ulang akan dilaksanakan 4-5 Agustus 2021

Untuk pelaksanaan perkuliahan Semester Ganjil 2021/2022 diharapkan bisa dimulai 1 September 2021. Pihaknya berharap, dengan penerimaan mahasiswa baru Unud, 49 Prodi S1 dan D4 serta 3 Prodi D3 yang ada, bisa terpenuhi daya tampungnya. “Saya harapkan Unud akan mendapatkan mahasiswa yang memiliki kemampuan akademis yang baik, sehingga mereka bisa lulus tepat waktu,” harapnya. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

1 KOMENTAR

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

Captcha *