Ilustrasi. (BP/Tomik)

JAKARTA, BALIPOST.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan potensi dampak hujan lebat untuk banjir. Terdapat sejumlah provinsi mulai Jumat (19/2) pukul 07.00 WIB hingga Sabtu (20/2) yang diminta waspada.

Dikutip dari Kantor Berita Antara, salah satunya adalah Bali. “Peringatan siaga dampak banjir sebagai dampak hujan lebat dikeluarkan untuk Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, dan Sulawesi Utara,” kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto, Kamis (18/2).

Baca juga:  Pantau Aktivitas Seismik, BMKG Pasang 20 Sensor di Sulawesi

Ada dua kabupaten yang berstatus siaga banjir di Bali. yakni Karangasem dan Bangli

Sedangkan kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Jawa Barat adalah Kabupaten Bogor, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi, Kota Bogor, dan Kabupaten Sumedang.

Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Jawa Tengah adalah Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Pekalongan, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Kendal, Kabupaten Batang, dan Kota Pekalongan.

Baca juga:  Ini, Prediksi BMKG Soal Musim Hujan di Bali

Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Jawa Timur adalah Kabupaten Malang, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Lumajang, Kota Probolinggo, Kabupaten Jember, dan Kota Pasuruan.

Sedangkan Kabupaten/kota yang berstatus siaga banjir di Sulawesi Utara adalah Kabupaten Bolaang Mongondow dan Kabupaten Minahasa Selatan.

Selain mengeluarkan peringatan status siaga banjir sebagai dampak hujan lebat, BMKG juga mengeluarkan peringatan status waspada untuk beberapa daerah.

Baca juga:  Diskusi K. Nadha Nugraha, Bahasa Kunci Utama Kebudayaan

Provinsi dengan peringatan status waspada adalah Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Banten, DKI Jakarta, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.