Petugas menyiapkan vaksin COVID-19. (BP/eka)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Badung, telah merencanakan vaksinasi tahap kedua. Rencananya, penerima vaksinasi Covid-19 ini akan mengutamakan pelayanan publik, lansia, TNI/Polri, ASN dan pedagang pasar.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Badung, dr I Nyoman Gunarta, saat dikonfirmasi Selasa (16/2) mengatakan masih menunggu petunjuk teknis (Juknis) pelaksanaan vaksinasi dari pemerintah pusat. Pihaknya telah mengadakan rapat dengan Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) RI terkait pelaksanaan vaksinasi tahap kedua tersebut.

“Yang jelas, vaksinasi Covid-19 tahap kedua akan dilaksanakan pada minggu keempat di bulan Februari 2021 ini. Kami sudah rapat dengan pemerintah pusat dalam hal ini Wamenkes bahwa vaksinasi tahap kedua ini,” katanya.

Baca juga:  DBD di Bali Alami Tren Kenaikan, Ini Kabupaten Tertinggi Kasusnya

Menurutnya, akan ada sejumlah perubahan skema dalam pembagian vaksinasi tahap kedua. Jika pada vaksinasi tahap pertama vaksin turun di provinsi kemudian baru dibagikan ke kabupaten, namun dalam pelaksanaan vaksinasi tahap kedua ini kemungkinan besar sesuai arahan pusat vaksin akan langsung diberikan ke masing-masing kabupaten/kota.

“Vaksinasi tahap kedua ini menyasar banyak kalangan. Yakni mulai pelayan publik, lansia, TNI/Polri, ASN dan pedagang pasar, jadi kami masih menunggu teknis mana yang didahulukan agar tidak menimbulkan kegaduhan. Kemarin kami sudah rapat nantinya akan dibawakan petunjuk teknis untuk itu,” terangnya.

Baca juga:  Mei, Kecamatan di Badung Ini akan Gelar Pembelajaran Tatap Muka

Terkait jatah vaksin yang akan diberikan untuk Badung pada tahap kedua ini, kata mantan Dirut RSD Mangusada ini hingga belum ada pemberitahuan secara pasti. Namun, bila vaksin didrop langsung ke Badung akan tetap disimpan di Instalasi Farmasi Kabupaten (IFK) Badung yang berlokasi di Puskesmas Abiansemal I Blahkiuh.

“Terkait jumlah vaksin pusat belum memastikan (untuk Badung). Cuma kemungkinan (untuk pengiriman vaksin) berbeda dengan sebelumnya. Bisa langsung ke kabupaten,” pungkasnya.

Baca juga:  Bersiap PTM, Guru di Petang Jadi Target Vaksinasi

Seperti diketahui bahwa vaksinasi tahap pertama telah dilaksanakan di Kabupaten Badung dengan menyasar kepala daerah, pimpinan perangkat daerah dan tenaga kesehatan (Nakes) pada bulan Januari lalu. Vaksinasi dosis kedua juga sudah diberikan. Termasuk Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta juga sudah menerima suntikan dosis kedua bertempat di Rumah Sakit Mangusada Badung, Jumat (29/1). (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *