Vaksinator bersiap menyuntikan dosis vaksin COVID-19 ke penerima. (BP/eka)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Setelah tidak digelar pada 2020, tahun ini Pesta Kesenian Bali (PKB) dipastikan terlaksana. Meski secara virtual dikarenakan masih dalam masa pandemi COVID-19, namun Badung telah menyiapkan 410 duta dalam perhelatan budaya yang dilaksanakan Juni-Juli itu.

Kepala Dinas Kebudayaan Kabupaten Badung I Gde Eka Sudarwitha saat dikonfirmasi, Rabu (7/4) mengatakan seniman yang akan tampil dalam PKB XLIII terdiri dari penabuh, penari dan pelatih tersebut, seluruhnya akan diberikan COVID-19.

Baca juga:  Badung Genjot Vaksinasi di Tiga Kawasan Pariwisata Ini

“Untuk PKB tahun ini, kita mengikuti 6 dari 18 materi parade dan lomba. Antara lain parade gong kebyar dewasa, anak-anak, wanita, lomba beleganjur, bapang barong ket dan lomba magender wayang,” katanya.

Dikatakan, seluruh peserta duta Badung merupakan arahan Bupati Badung, termasuk diberikan vaksinasi COVID-19, sebagai bagian dari penerapan protokol kesehatan untuk menghindari pandemi.

“Selain itu juga dilengkapi dengan komponen Prokes lain seperti perlengkapan cuci tangan, pembatasan jarak saat latihan dan protokol kesehatan lainnya. Kami juga menyiapkan tim untuk mengikuti serangkaian lomba kewanitaan seperti memasak dan peragaan busana ke pura,” ujarnya.

Baca juga:  Badung Sudah Vaksinasi 85 Persen Nakes, Target Tuntas di Akhir Februari

Mantan Camat Petang ini menyebutkan anggaran yang sebelumnya dipasang sebesar Rp 1,6 miliar pada APBD 2021, mengalami rasionalisasi sebesar Rp 300 juta. Ini dilakukan karena pembatasan peserta dan juga penundaan pawai pembukaan.

“Jadi total anggaran yang dialokasikan untuk PKB tahun ini sebesar Rp 1,3 miliar. Kita juga mendapatkan bantuan dari BKK Provinsi Bali sebesar Rp 500 juta,” pungkasnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.