Wayan Koster. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Pada Kamis (11/2), sejumlah peristiwa terjadi. Berikut lima berita yang menjadi atensi pembaca Balipost Online. Ini, cuplikan peristiwa dan link yang bisa diklik untuk membaca lebih detilnya.

1. Gubernur Koster Keluarkan SE Soal penggunaan Tenun Endek, Ini Jadwal Berlakunya

DENPASAR, BALIPOST.com – Kain Tenun Endek Bali memperoleh Sertifikat Kekayaan Intelektual Komunal Ekspresi Budaya Tradisional dari Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) RI belum lama ini. Gubernur Bali Wayan Koster pun mengeluarkan kebijakan baru yaitu Penggunaan Pakaian/Busana Berbahan Kain Tenun Endek Bali/Kain Tenun Tradisional Bali, Kamis (11/2).

Bahkan, kebijakan yang dituangkan dalam Surat Edaran (SE) Nomor 04 Tahun 2021 Tentang Penggunaan Kain Tenun Endek Bali / Kain Tenun Tradisional Bali ini telah ditandatangani pada Kamis, 28 Januari 2021. Kebijakan baru ini merupakan kosistensi keberpihakan pada produk budaya lokal masyarakat Bali dari Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan UMKM masyarakat Bali.

Baca juga:  Maknai Hari Pahlawan dengan Jaga Kondusivitas Keamanan di Tahun Politik

Selengkapnya baca di sini

2. WN Inggris Pembunuh Polisi Akhirnya Bebas

MANGUPURA, BALIPOST.com – Warga negara Inggris, David James Taylor, yang dipenjara dalam kasus pembunuhan polisi di 2017, akhirnya bebas dari Lapas Kerobokan, Kamis (11/2). Selanjutnya akan dideportasi ke negaranya.

Dari pantauan, David keluar dari Lapas Kerobokan pukul 09.43 WITA dan langsung dibawa petugas Imigrasi sebelum didepirtasi. Setelah melalui pemeriksaan dan melengkapi berkas, David rencananya akan di deportasi ke negaranya melalui bandara Soekarno-Hatta.

Selengkapnya baca di sini

3. Puluhan Desa/Kelurahan di Bali Berstatus Zona Merah, Cuma di 2 Kabupaten Ini Nihil

Baca juga:  Kongres Koperasi Selesai Digelar, Ini Rekomendasinya

DENPASAR, BALIPOST.com – Penambahan kasus positif COVID-19 cukup signifikan di Provinsi Bali. Jumlah korban jiwa pun terus berjatuhan dengan daerah sebaran yang makin luas.

Di Bali, jumlah zona merah mendominasi dengan jumlah 6 kabupaten/kota, yaitu Jembrana, Tabanan, Bangli, Badung, Gianyar, dan Denpasar. Sedangkan 3 kabupaten lainnya, yakni Karangasem, Buleleng, dan Klungkung, masuk kategori zona orange.

Selengkapnya baca di sini

4. Tak Sesuai Keahlian, Bupati Karangasem Terpilih Sebut Ada Guru Dijadikan Satpol PP

AMLAPURA, BALIPOST.com – Selama ini cukup banyak terdapat ASN yang ditempatkan tidak sesuai alias “nyasar” dengan bidang ilmu yang dimiliki. Kondisi itu, membuat kinerja ASN menjadi tak maksimal. Hal itu diungkapkan bupati terpilih, I Gede Dana, di rumah transisi, Rabu (10/2).

Gede Dana, mengungkapkan, banyak sekali keluhan yang disampaikan oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Lingkungan Pemkab Karangasem saat menghadap di rumah transisi. Diantaranya, mengeluhkan banyaknya Aparatur Sipil Negara (ASN) yang saat ini duduk tidak sesuai bidang pendidikannya.

Baca juga:  Festival Sego Lemeng Warnai Promo Wisata Tahunan Banyuwangi

Selengkapnya baca di sini

5. Tambahan Harian di Atas 370 Orang, Ini Lima Besar Penyumbang Kasusnya

DENPASAR, BALIPOST.com – Jumlah kasus COVID-19 baru yang dilaporkan Bali pada Kamis (11/2) mencapai 371 orang. Dilihat dari jenis penularannya, menurut data Satgas Penanganan COVID-19 Bali, 347 orang merupakan transmisi lokal dan 24 orang pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN).

Kumulatif kasus COVID-19 yang ditangani Bali saat ini sudah mencapai 29.818 orang. Bila diklasifikasikan menurut penularannya, 28.343 orang merupakan transmisi lokal, 1.163 PPDN, dan 312 pelaku perjalanan luar negeri (PPLN).

Selengkapnya baca di sini

BAGIKAN