Pembangunan Pelabuhan Sampalan. (BP/Istimewa)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Menindaklanjuti arahan Gubernur Bali Wayan Koster, Bupati Klungkung Nyoman Suwirta langsung menemui Kapolda Bali, Senin (1/2). Ini berkaitan dengan rencana pembangunan ruang terbuka di Pelabuhan Sampalan.

Sedangkan, Polda Bali juga berencana membangun Kantor Sub Sektor Pos Pelayanan kepolisian di Nusa Penida. Bupati Suwirta menemui Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu di Gedung Lounge Andalan Kepolisian Daerah Bali, di Denpasar Senin (1/2).

Pertemuan ini menindaklanjuti kunjungan Gubernur Bali sebelumnya ke Nusa Penida dengan Kapolda Bali dan Pemda Klungkung, terkait rencana pembangunan kedua lembaga ini di Nusa Penida. Bupati Suwirta kepada Kapolda Bali, mengatakan perlu secepatnya dilakukan tukar aset antara Polres Klungkung dengan Pemda Klungkung.

Baca juga:  Ini Alasannya, Pelabuhan Sanur Gunakan Ornamen Kepala Gajah Mina

Sehingga penataan ruang area Pelabuhan Sampalan bisa segera dilakukan sebagaimana rencana Badan Pengembangan Wilayah Provinsi Bali. Lahan Polda Bali untuk Sub Sektor Pos Pelayanan Kepolisian seluas 12 are, rencananya akan dijadikan ruang terbuka.

Sedangkan tanah Pemda yang juga memiliki luas 12 are di sebelah barat Kantor Camat Nusa Penida, akan dipergunakan sebagai lahan pengganti Kantor Sub Sektor Pos Pelayanan Kepolisian.

Kapolda Bali Irjen Pol. Putu Jayan Danu kata Bupati Suwirta menyambut baik rencana pertukaran aset tersebut. Ini demi pembangunan dan penataan Pelabuhan Sampalan yang lebih baik.

Baca juga:  Gubernur Koster Tinjau Pembangunan Pelabuhan Sampalan

Apalagi pertukaran aset ini masing-masing memiliki luas yang sama dan pemanfaatannya sangat jelas. Selanjutnya Kapolda Bali memerintahkan jajarannya untuk berkoordinasi dengan Sekda Klungkung Gede Putu Winastra, membahas lebih lanjut proses administrasi pertukaran aset ini.

Untuk menindaklanjuti pertemuan ini, rencananya akan dilakukan survei bersama antara tim dari Pemda Klungkung dan dari Polda Bali ke lapangan. Setelah itu dilanjutkan dengan menyelesaikan administrasi pertukaran aset dan kesepakatan kerjasama kedua belah pihak.

Baca juga:  Pelabuhan Segitiga Emas Diawali dari Sampalan

Sedangkan untuk rencana pembangunan asrama atau rusun anggota Polri di Nusa Penida, akan dituangkan lebih lanjut dalam kerjasama. Demikian juga lahan untuk Sub Sektor Pos Pelayanan kepolisian di Nusa Lembongan, segera akan diproses lebih lanjut dengan proses hibah, sesuai dengan mekanisme yang berlaku.

Turut hadir, Kapolres Klungkung AKBP Bima Aria Viyasa, Kepala Biro Perencanaan Kombespol Tjuk Winarko, Kepala Biro Logistik Kombespol Nelson Pardamean Purba, Kabid Aset Pemkab Klungkung A.A. Putra Iryana, Kasubbid Penataan Ruang dan Infrastruktur Baperlitbang Klungkung Komang Ary Susanta. (Bagiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *