Walikota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara secara pribadi dan atas nama Pemerintah dan masyarakat Kota Denpasar mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI, Ir. Joko Widodo dan Gubernur Bali, Wayan Koster. Sebab, telah mendukung terwujudnya Pembangunan Pelabuhan Sanur dan telah diresmikan pada, Rabu (9/11).

Jaya Negara mengatakan, Kota Denpasar sangat menyambut baik adanya Pelabuhan Sanur yang tentunya memberikan beragam manfaat di berbagai sektor. Manfaat pertama, sektor konektivitas atau keterhubungan.

Dengan adanya Pelabuhan Sanur, Kota Denpasar sebagai Ibu Kota Provinsi Bali memiliki akses menuju beberapa lokasi. Seperti halnya ke Nusa Penida, Nusa Lembongan termasuk Nusa Ceningan. Tentu ini menjadi sebuah kemajuan dalam bidang konektivitas dan moda transportasi di Bali, khususnya Kota Denpasar.

Manfaat Kedua, sektor pelayanan publik. Dimana, keberadaan Pelabuhan sanur diharapkan membawa solusi atas permasalahan klasik selama ini. Diketahui bersama bahwa sebelumnya, untuk menuju Nusa Penida dan Nusa Lembongan penumpang harus berjalan kaki, membuka sepatu, bahkan tak jarang harus basah kuyup untuk bisa naik ke speed boat.

Baca juga:  Dapatkan Beragam Keuntungan di Program Meriah Bareng Mega

Namun hal tersebut akan bisa diatasi jika Pelabuhan Sanur ini telah beroperasi. Sehingga Bali, khususnya Kota Denpasar memiliki sebuah pelayanan pelabuhan yang bertransformasi dan terus berkembang ke arah yang lebih baik dan profesional.

Manfaat Ketiga, Pelabuhan Sanur memberi dampak pariwisata. Beroperasinya Pelabuhan Sanur diharapkan mampu mendukung kemajuan pariwisata di Kota Provinsi Bali.

Akses konektivitas dan kualitas pelayanan menjadi tonggak penting guna membangun citra positif pariwisata Bali dan Denpasar di mata wisatawan. Dengan adanya Pelabuhan ini, disertai dengan pelayanan bertaraf internasional dan modern serta professional, diharapkan mampu memberikan kenyamanan bagi wisatawan yang berkunjung di Kota Denpasar, termasuk menjadi salah satu pilihan lokasi menginap yang setrategis. Yakni dekat dengan Ubud, Kuta hingga Nusa Penida dan Nusa Lembongan.

“Setelah adanya prospek pariwisata, tentu semuanya akan bermuara pada sektor perekonomian. Seperti apa yang disampaikan oleh Bapak Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi beberapa waktu lalu, bahwa keberadaan Pelabuhan Sanur wajib memberikan kemanfaatan optimal dalam fungsinya, baik sebagai wahana konektifitas dan kepelabuhan, ataupun mendukung pergerakan ekonomi lokal. Di sini beliau pernah mengatakan bahwa masyarakat setempat wajib menjadi tuan rumah di negeri sendiri. Sehingga, keberaadaan Pelabuhan Sanur ini akan memberikan ruang bagi pelaku UMKM Denpasar, terutama masyarakat Sanur, termasuk UMKM Bali yang memiliki ciri khas tersendiri,” ungkap Jaya Negara.

Baca juga:  Bupati Suwirta Komitmen Klungkung Jadi Kabupaten Layak Anak

Ia mengharapkan Pelabuhan Sanur mampu meningkatkan PAD Kota Denpasar. Sehingga dengan fungsinya sebagai HUB Konektifitas Bali dengan pulau sekitarnya dapat berjalan baik dan memberikan kemanfaatan di berbagai sektor. Jaya Negara pun mengapresiasi desain bangunan yang mengedepankan arsitektur khas Bali dengan konsep Jukung Mecadik. Sehingga Pelabuhan Sanur dapat juga dimanfaatkan sebagai lokasi wisata dengan view bangunan yang artistik.

Bupati Suwirta Berbagi Kiat Pengendalian Tembakau di Daerah di KTT APCAT 2021

Sementara Bupati Klungkung Nyoman Suwirta juga menyampaikan terima kasih kepada Gubernur Koster yang sudah memperjuangkan dan merampungkan pembangunan Pelabuhan Sampalan di Nusa Penida, dan Pelabuhan Bias Munjul di Nusa Ceningan. Keduanya sebagai pelabuhan penghubung Bali daratan dengan Kepulauan Nusa Penida yang telah diresmikan oleh Presiden Joko Widodo.

Baca juga:  Gubernur Koster Adakan Pertemuan Bilateral Dengan Pemerintah Korea

“Mimpi kita semua termasuk masyarakat Klungkung akhirnya terwujud dan kita bisa menarik nafas lega. Selain kepada Gubernur Bali yang sudah memperjuangkan impian kami semua, saya juga mengucapkan terimakasih kepada Presiden Republik Indonesia, Bapak Joko Widodo yang sudah memberikan dukungan penuh dan meresmikan kedua pelabuhan ini,” ujar Bupati Klungkung.

Dengan diresmikannya Pelabuhan Sampalan dan Pelabuhan Bias Munjul, dikatakan secara langsung sudah membantu masyarakat di Kabupaten Klungkung untuk mempermudah akses transportasi daratan menuju kepulauan. “Kedua pelabuhan ini tidak sekadar memperlancar konektivitas saja, tetapi ini akan memberikan dampak dan informasi yang positif terkait dengan perkembangan wisata Nusa Penida dengan segala potensinya,” tandasnya.

Ia menyatakan pelabuhan ini akan memberi kenyamanan serta keamanan bagi wisatawan dan warga yang bolak balik menuju daratan atau sebaliknya. (kmb/balipost)

BAGIKAN