Pendistribusian vaksin COVID-19 tahap II mulai dilakukan Senin (25/1) ke 6 kabupaten yang belum mendapatkan jatah. (BP/edi)

DENPASAR, BALIPOST.com – Distribusi vaksin COVID-19, tahap kedua, mulai dilakukan. Untuk hari pertama, Senin (25/1) distribusi dilakukan untuk 3 kabupaten, yakni, Klungkung, Bangli dan Karangasem.

Untuk kabupaten Klungkung, distribusi dilakukan pukul 08.00 WITA, Bangli pukul 10.00 WITA dan Kabupaten karangasem, pukul 13.00 WITA. Dari pantauan di lapangan, untuk pendistribusian, dilakukan pengawalan ketat dari pihak kepolisian dan TNI.

Terkait distribusi untuk Kabupaten karangasem, Kasi Surveilans bencana dan Imunisasi, Dinas Kesehatan Kabupaten Karangasem, Ketut Suarjaya SKM., yang ikut dalam pengambilan vaksin di kantor Diskes Bali, mengatakan pihaknya menerima sebanyak 4.400 vial vaksin. Vaksin tahap pertama untuk Karangasem ini kata dia akan diperuntukkan bagi para tenaga kesehatan. “Untuk karangasem sebanyak 4.400 vaksin untuk nakes. Ini tahap pertama,” katanya.

Baca juga:  Piagio Hadirkan Vespa GTS Terbaru di Bali, Ini Spesifikasinya

Untuk penyimpanan vaksin, setelah tiba di Karangasem, akan disimpan di Gudang Farmasi di kawasan Bebandem. Terkait penanggulangan pandemi Covid-19 di Karangasem, dirinya mengaku tidak ada kendala. Untuk tracing tetap dilakukan koordinasi di lapangan antara satgas.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya mengatakan, distribusi kali ini akan diberikan untuk 6 kabupaten di Bali. Diantaranya untuk Klungkung, Bangli, Karangasem, Tabanan, Buleleng, Jembrana. Lebih lanjut kata Suarjaya, akan ada sebanyak 30 ribu vaksin yang didistribusikan.

Baca juga:  Pertahankan Zero Rabies, Denpasar Vaksinasi Puluhan Ribu Anjing

Untuk rinciannya yakni, Kabupaten Klungkung akan mendapatkan sebanyak 4.200 vial, Kabupaten Bangli 3680 vial, Kabupaten Karangasem 4.400 vial akan didistribusikan pada hari Senin (25/1). Sedangkan untuk Kabupaten Tabanan 7.200 vial, Kabupaten Buleleng 7.440 vial dan kabupaten Jembrana sebanyak 3.720 vial, akan didistribusikan pada Selasa (26/1). “Dari 6 kabupaten ini total sebanyak 30.640 vial yang didistribusikan,” katanya.

Lebih lanjut kata Suarjaya, untuk vaksin ini memang diprioritaskan untuk tenaga kesehatan (Nakes) di masing-masing kabupaten. Untuk jumlah distribusi kata dia, disesuaikan dengan sasaran di masing masing kabupaten.

Baca juga:  Ditanya Soal Stok Vaksin COVID-19 di Bali, Ini Kata Kadiskes

Sementara  disinggung terkait vaksinasi nakes di 3 kabupaten yakni Denpasar, Badung dan Gianyar, dirinya menyebutkan semua sudah rampung. “Untuk 3 kabupaten sebelumnya, sudah rampung untuk vaksinasi Nakes,” katanya menambahkan. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *