Tangkapan layar Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono saat melaporkan kesiapan protokol kesehatan dan fasilitas pelayanan kesehatan jelang KTT ASEAN 2023 melalui Dialog FMB9 yang diikuti dalam jaringan di Jakarta, Jumat (5/5/2023). (BP/Ant)

JAKARTA, BALIPOST.com – Seluruh delegasi Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ke-42 ASEAN 2023 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, telah divaksinasi COVID-19 dosis lengkap. Sebelum berangkat, mereka harus divaksinasi lengkap untuk delegasi dan registrasi SatuSehat untuk para delegasi. Demikian disampaikan Wakil Menkes Dante Saksono Harbuwono dikutip dari Kantor Berita Antara, Jumat (5/5).

Ia mengatakan, skrining kesehatan juga berlaku di pintu masuk bandara melalui pengecekan suhu tubuh oleh petugas terkait. “Kalau suhu lebih dari 37,5 derajat Celcius, untuk delegasi dilakukan RT-PCR. Untuk VIP dilakukan tata laksana pengobatan yang diperlukan,” katanya.

Persyaratan terkait protokol kesehatan lainnya adalah kewajiban seluruh delegasi mengisi formulir digital pada aplikasi SatuSehat yang dapat diunduh melalui ponsel pintar. “SatuSehat hanya diprasyaratkan untuk delegasi, tidak untuk pimpinan delegasi,” katanya.

Baca juga:  Bandara Buntu Kunik Toraja Permudah Akses Wisatawan

Kegunaan SatuSehat agar seluruh sertifikat vaksin para peserta KTT ASEAN bisa diverifikasi untuk menjamin penularan kasus tidak terjadi selama kegiatan itu berlangsung.

Kemenkes memberlakukan syarat tes antigen bagi pelaku perjalanan luar negeri dengan masa berlaku 1×24 jam, dan tes PCR maksimal 3×24 jam sejak keberangkatan dari negara asal.

Kemenkes juga menerapkan anjuran memakai masker di ruangan yang berlaku bagi seluruh peserta di KTT ASEAN. “Sebelum pulang, kami juga disediakan fasilitas untuk negara bersangkutan melakukan kebutuhan regulasi negara tujuan,” katanya.

Baca juga:  Cegah COVID-19 Meluas, Ini Persiapan Pemerintah Bali

Ia menambahkan, Kemenkes bekerja sama dengan sejumlah rumah sakit swasta dan Pemda setempat menempatkan 40 orang petugas swab. “Disediakan untuk pemeriksaan COVID-19 bisa mencapai lebih dari 1.200 tes per hari. Kami sediakan 40 petugas swab yang sudah dibagi tempatnya di beberapa lokasi penting,” katanya.

Beberapa aspek yang penting untuk prosedur penanganan COVID-19 sudah dipersiapkan untuk delegasi, di antaranya tes antigen bagi seluruh karyawan hotel. “Mulai 6 Mei 2023 diberlakukan pemeriksaan Antigen 1×24 jam bagi karyawan hotel dan mereka sudah diisolasi tidak pulang ke rumah masing-masing untuk menjamin pelayanan di hotel tetap berada pada protokol yang aman,” kata Dante Saksono Harbuwono .

Baca juga:  Usaha Artis Ternama Bakal Join Co-Branding Wonderful Indonesia

Puncak KTT ASEAN ke-42 diagendakan berlangsung pada 9 hingga 11 Mei 2023. Rangkaian kegiatan dimulai dengan kedatangan delegasi ke Labuan Bajo pada 6 Mei 2023.

Pada 7 hingga 8 Mei 2023 dirangkai dengan pertemuan delegasi dan Senior Officer Meeting di Hotel Meruorah Komodo, yang menjadi tempat perhelatan KTT ASEAN tahun ini.

Pada 9 Mei 2023, dibuka agenda kedatangan pimpinan negara kawasan ASEAN di Labuan Bajo yang berjumlah 13 pimpinan negara.

Agenda puncak KTT ASEAN baru dimulai pada 10–11 Mei 2023 di Hotel Meruorah dan dilanjutkan dengan makan malam dan konferensi pers. (Kmb/Balipost)

BAGIKAN