Suasana di kawah Gunung Agung. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Hujan deras belakangan ini terus melanda Karangasem. Kondisi itu, mengakibatkan kawah Gunung Agung mengeluarkan asap dengan intensitas tipis berwarna putih.

Kepala Pos Pantau Gunung Agung Rendang, I Dewa Made Mertha Yasa, mengatakan, sampai saat ini aktivitas vulkanik Gunung Agung masih cukup tinggi. Itu bisa dilihat dari kegempan yang sesekali masih terjadi di dalam perut gunung.

“Sampai saat ini kegempaan vulkanik dalam, teknonik dangkal, maupun tektonik juah masih sesekali terjadi. Ini menandakan masih ada aktivitas magmatik di dalam tubuh Gunung Agung. Hanya saja, aktivitasnya masih rendah,” ujarnya.

Baca juga:  Di Gianyar Juga Rasakan Abu Vulkanik

Mertha Yasa, menambahkan, dari hasil rekaman CCTV yang ada di areal puncak Gunung Agung, masih teramati adanya hembusan dari dasar kawah. “Masih teramati hembusan asap putih tipis pada dinding kawah. Embusan yang terjadi, akibat air hujan yang masuk ke dasar kawah, air yang menyentuh panas di dasar kawah menguap menjadi asap putih ini,” katanya.

Dia menjelaskan, sampai saat ini belum ada perubahan status Gunung Agung yang kini masih berada di Level II (Waspada). Jelas dia, potensi untuk terjadinya erupsi msih tetap ada, hanya kecil. “Gunung aktif, jelas masih memiiki potensi. Hanya saja, erupsinya kecil. Radius lontaran material jaraknya 2 kilometer,” tandasnya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.