Aktivitas Gunung Agung. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Kendati sudah sejak lama tak pernah mengalami erupsi lagi, sampai saat ini aktivitas vuklanik Gunung Agung masih cukup tinggi. Itu dibuktikan dari masih intensnya asap yang keluar dari tepian kawah di sejumlah titik.

Kondisi ini direkam oleh CCTV yang dipasang oleh petugas Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG). Petugas Pos Pemantauan Gunung Agung di Desa Rendang, Wahyu Adi Setiawan, Kamis (30/1) mengungkapkan, berdasarkan pemantauan CCTV yang telah dipasang di puncak, sampai saat ini di dasar kawah Gunung Agung masih terlihat asap. “Asap yang keluar masih dominan dengan warna putih dengan tekanan lemah dan intensitas tipis. Ketinggian asap mencapai 50 meter di puncak,” ucap Wahyu.

Baca juga:  Komplotan Congkel Mobil Lintas Negara Didor

Wahyu menambahkan, selain masih keluar asap, Gunung Agung sesekali juga masih terekam gempa hembusan. Kondisi itu, menandakan aktivitas Gunung Agung masih cukup tinggi.

Untuk itu, pihaknya tetap mengimbau kepada masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di radius 4 kilometer. Termasuk, tidak diperkenankan untuk melakukan aktivitas pendakian ke puncak Gunung Agung.

Sementara itu, Kepala Sub Bidang Mitigasi Gunung Api Wilayah Timur, Devy Kamil Syahbana menjelaskan, kalau pihaknya masih terus melakukan evaluasi terhadap aktivitas Gunung Agung. “Kita lihat saja perkembangan aktivitas gunungnya seperti apa. Kalau memang kondisinya sudah tepat untuk diturunkan, level pasti akan diturunkan.Tapi, sampai saat ini, level Gunung Agung masih Level III (Siaga),” ucap Devy Syahbana. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.