Tiga Pelinggih di Pura Pesambiangan Dalem Ped Jimbaran Amblas

MANGUPURA, BALIPOST.com – Sempat diguyur hujan, tiga pelinggih yang ada di Pura Pesambiangan Dalem Ped ring Tegeh Sari Jimbaran, longsor, Jumat (15/1). Beruntung saat kejadian, tidak ada pemedek yang melakukan persembahyangan.

Menurut penuturna Jero Mangku Gede Sedan, selaku pengempon pura, longsornya tembok senderan pura ini, terjadi sekitar pukul 14.00 wita. Saat itu kata Mangku Sedan, saat kejadian ada seorang pengayah yang sedang ada di lokasi.

Baca juga:  Seribu Pelinggih Diserahkan ke PHDI Gunung Kidul

Pasca kejadian ini, pihak pengempon pura kemudian menggelar upacara ngulapin. Untuk selanjutnya, pihaknya akan kembali menggelar rapat untuk membahas upacara selanjutnya.

Sementara, menurut saksi, Jero Istri Tiara selaku pengayah ring pura yang saat kejadian sedang berada di lokasi menuturkan, saat sebelum kejadian, dirinya sempat akan membuka gedong pelinggih. Namun, belum selesai membuka gedong, tiba-tiba terdengan suara gemuruh. Ternyata tiga pelinggih sudah longsor ke bawah sekitar 8 meter. “Kira-kira kejadian pukul 14.00. Tiba-tiba saya oihat pelinggih sudah longsor ke bawah,” tuturnya.

Baca juga:  Cegah Corona Masuk Bali, Ini akan Dilakukan Dinas Pariwisata

Adapun 3 pelinggih yang longsor yakni pelinggih pepelik, padmasan, pengayengan leluhur eing Gunung Agung. Terkait kejadian ini, pigak BPBD sedang melakuka pengecekan ke lokasi. (Yudi Karnaedi/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *