Vaksinasi Covid-19 dilaksanakan di Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Rumah Sakit Bhayangkara Denpasar melaksanakan vaksinasi COVID-19 bagi tenaga kesehatan (nakes), Kamis (14/1). Pelaksanaan vaksinasi dilaksanakan secara bertahap.

RS Bhayangkara Denpasar merupakan salah satu rumah sakit yang ditunjuk untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. Karumkit Bhayangkara Denpasar Pembina TK I dr. Ni Made Murtini menyampaikan sasaran vaksinasi tahap pertama ini diprioritaskan bagi tenaga kesehatan.

Menurutnya jumlah tenaga kesehatan yang melaksanakan vaksin sebanyak 15 orang yang sudah terdaftar dan sudah melakukan registrasi ulang sebagai peserta vaksinasi Covid-19 di RS Bhayangkara Denpasar. “Pemberian vaksinasi harus dipastikan kelengkapan peralatan, gedung, SDM dan RS Bhayangkara sudah siap memberikan pelayanan yang baik. Yang tidak kalah penting untuk diperhatikan tetap menjaga jarak, memakai masker dan mencuci tangan,” ujarnya.

Baca juga:  Anjing Diduga Rabies Gigit Tiga Warga di Banjar Tangkas

Alur pelaksanaan vaksinasi melalui empat tahap yaitu pendaftaran, skrining, pemberian vaksin, konsultasi Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). Saat skrining, calon penerima vaksin didata identitasnya, gejala yang sama seperti Covid-19, riwayat penyakit terdahulu, penggunaan obat, pemberian vaksin 1-14 hari terakhir, dan kondisi kehamilan. Calon penerima vaksin menuju ruang tindakan untuk dilaksanakan vaksinasi, vaksin diberikan 2 kali, yakni di hari pertama dan berikutnya pada hari ke-14.

Baca juga:  Belasan Pasien COVID-19 Kondisi Berat Perlu Donor Plasma Darah

Selanjutnya peserta diarahkan menuju ruang tunggu dan menunggu hingga 30 menit sambil dipantau kesehatannya. Jika kondisinya baik-baik saja, peserta bisa meninggalkan ruangan tersebut. Jika terjadi gejala pada saat sampai di rumah atau beberapa hari setelah vaksin, diimbau segera periksakan ke RS atau fasilitas kesehatan terdekat. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.