Distribusi, vaksin Covid-19 yang ditempatkan di Gudang Vaksin Diskes Gianyar. (BP/Wir)

GIANYAR, BALIPOST.com – Kabupaten Gianyar akhirnya mendapatkan 8.480 vaksin Covid-19, dari rencana awal sebanyak 3.210 vaksin dari Pemerintah Provinsi Bali. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Gianyar, dr. Ida Komang Upeksa, membenarkan hal itu Rabu (13/1).

Diungkapkan, 8.480 vaksin covid-19 tersebut ditempatkan di Gudang Vaksin Diskes Gianyar. Selanjutnya, vaksin covid ini akan didistribusikan ke masing-masing fasilitas kesehatan (faskes) yang ada di Kabupaten Gianyar.

Komang Upeksa menjelaskan 16 faskes ditunjuk dalam pelaksanaan vaksinasi Covid. Ini terdiri dari 13 puskesmas, 2 rumah sakit umum dan 1 rumah sakit swasta. ” Rumah sakit umum mencakup RSUD Sanjiwani Gianyar dan Rumah Sakit Payangan, sementara rumah sakit swasta mencakup Rumah Sakit Ganesha,” ucapnya.

Baca juga:  Terekam CCTV, Pencuri Laptop Ditangkap Saat Hendak Transaksi

Dipaparkan, kegiatan vasin covid sepenuhnya mengunakan aplikasi BPJS. Saat ini Diskes Gianyar menunggu perintah aplikasi BPJS untuk membuat jadwal kegiatan vaksinasi Covid-19.

Menurutnya, setiap faskes akan dibuatkan jadwal vasinasi 2-3 kali seminggu. Seperti di puskesmas dan Rumah Sakit Payangan dijadwalkan 2 kali seminggu sementara di RSUD Sanjiwani dijadwalkan 3 kali seminggu. “Misalnya di Puskesmas kegiatan vaksinasi Covid dijadwalkan Selasa Kamis kalau di rumah sakit dijadwalkan Rabu Jumat,” ucapnya.

Baca juga:  Asrama Haji Disiapkan Jadi Tempat Isolasi COVID-19

Setiap Faskes paling tidak akan disiapkan 2 tenaga vaksinator didampingi satu dokter. Semua tenaga kesehatan yang membantu program vaksinasi ini merupakan tenaga terlatih dalam melakukan penyuntikan vaksin Covid-19.

Komang Upeksa menegaskan prioritas kegiatan vaksinasi Covid -19 tahap pertama menyasar tenaga kesehatan(nakes). Alurnya, tenaga nakes wajib terdaftar dalam aplikasi BPJS. Selanjutnya atas perintah aplikasi BPJS, Diskes akan menyusun jadwal kegiatan vaksinasi. “Siapa orang yang divaksin dan berapa jumlah yang divaksin disesuaikan dengan perintah aplikasi BPJS,” tegasnya.

Baca juga:  Sindikat Narkoba Jaringan Medan-Bali Divonis Belasan Tahun Penjara

dr. Ida Komang Upeksa menambahkan secara nasional kegiatan vaksinasi dimulai Rabu (13/1). “Sementara di kabupaten/kota termasuk di Kabupaten Gianyar direncanakan mulai Jumat (15/1),” tambahnya. (Wirnaya/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *