Ni Luh Putu Eka Kartika Sari (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Sejak World Health Organization (WHO) menetapkan virus corona (COVID-19) sebagai pandemi global, telah terjadi kepanikan di tengah masyarakat. Covid-19 ini bisa menyerang sistem imun tubuh yang lemah.

Untuk meningkatkan sistem imun tubuh agar tidak mudah terserang COVID-19 diperlukan konsumsi zat gizi yang baik. Vitamin dan mineral merupakan zat gizi yang bagus bagi tubuh.

Sebab, selain memperbaiki sistem imun tubuh, vitamin dan mineral juga berfungsi sebagai antioksidan. “Mencegah lebih baik dan tentunya murah dari pada mengobati. Pola pikir ini sangat cocok diterapkan pada situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini. Selain penerapan physical distancing, olahraga yang teratur, berjemur pada pagi hari dan rajin mencuci tangan mengunakan sabun antiseptik, ada hal lain yang dapat dilakukan, yakni mengonsumsi minuman herbal untuk meningkatkan imunitas tubuh,” ujar Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Warmadewa (FKIK Unwar), Ni Luh Putu Eka Kartika Sari, S.Si., M.Biomed., Selasa (8/12).

Baca juga:  Jaga Kesehatan Diri untuk Kesehatan Orang Lain

Sebagai salah satu kelompok paling rentan dalam pandemi COVID-19, Orang Dengan HIV/AIDS (ODHA) harus tetap waspada agar tidak tertular penyakit yang disebabkan oleh SARS-CoV-2 ini. Oleh karena itu, pihaknya mengajak para pendamping ODHA mengambil peran penting untuk terus memberikan motivasi dan informasi mengenai tata cara menjaga diri agar terhindar dari infeksi COVID-19.

Sebab, konsistensi ODHA dalam menjaga kesehatan tubuhnya sangat bergantung pada peran aktif pendamping ODHA yang berperasn sebagai fasilitator. Sebagai fasilitator, pendamping ODHA berperan aktif dalam memberikan motivasi dan informasi kesehatan kepada para penderita terutama yang baru mengetahui dirinya terjangkit penyakit HIV/AIDS.

Baca juga:  Tetap Waspada dan Disiplin Terapkan 3M

Tidak hanya ODHA, Eka Kartika Sari juga mengajak masyarakat untuk tetap taat dalam menerapkan protokol kesehatan (Prokes) COVID-19 melalui 3 M. Yaitu, memakai masker saat beraktivitas, mencuci tangan dengan sabun, dan selalu menjaga jarak saat berada di tempat-tempat umum. Sebab, dengan cara inilah penyebaran Covid-19 bisa diminimalisir. (Winatha/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.