AKBP Ni Nyoman Suartini. (BP/Istimewa)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Adanya informasi terkait penangkapan lima warga yang dilakukan oleh pihak kepolisian beredar luas Selasa (8/12), sehari jelang pemilihan bupati dan wakil bupati (Pilbup) Karangasem. Hal ini pun direspons langsung oleh Kapolres Karangasem AKBP Ni Nyoman Suartini.

Perwira asal Gianyar itu mengatakan tidak ada penangkapan terhadap lima oknum warga tersebut. “Petugas tidak ada melakukan penangkapan. Yang benar petugas kami yang sedang bertugas mengajak lima oknum itu ke Polres untuk dimintai keterangan terkait perekaman video tersebut,” tegas Suartini.

Baca juga:  Alasan Ekonomi, IRT Curi Handphone

Bukan hanya itu, jelas Suartini, pemberitaan lima oknum warga sebagai anggota Satgas Anti Money Politic, adalah hoax. Pasalnya, saat penggeledahan hanya menemukan pisau taji untuk sabungan ayam di dalam bagasi mobil yang digunakan.

“Dari pemeriksaan yang dilakukan, sejauh ini belum menemukan adanya pelanggaran terkait rekaman vidio yang dilakukan lima oknum warga tersebut. Tapi, kami masih tetap melakukan pendalaman terkait kemungkinan ada pelanggaran di balik perekaman itu. Karena mereka melakukan perekaman video di jalan raya dan bukan ke rumah pribadi,” jelasnya.

Baca juga:  Pria Ngamuk Bawa Sajam, Korbannya Dirawat di RSD Mangusada

Dari informasi yang dihimpun, lima warga tersebut merekam kerumunan di salah satu rumah pasangan calon Pilbup. Perekaman dilakukan pada Senin (7/12) malam.

Ketua Bawaslu Karangasem, I Putu Gede Suastrawan, mengatakan, keberadaan gerakan anti money politic sangat membantu pihaknya dalam memerangi dugaan adanya praktek itu. “Bawaslu mendorong partisipasi masyarakat untuk bersama-sama mengawasi jalannya pelaksanaan Pilkada Karangasem,” ujarnya.

Ia mengatakan kalau ada masyarakat yang ikut mengawasi pratek money politic, itu sangat bagus sekali. “Karena sinergi inilah kita harapkan agar pelaksanaan Pilkada bisa berjalan jujur dan sukses,” jelasnya. (Eka Parananda/balipost)

Baca juga:  Kasus Pembukaan Portal Saat Nyepi, Dua Warga Dikenakan Wajib Lapor
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *