Upacara Pujawali Purnama Kalima di Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir, Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem kasineb pada Selasa (3/11). (BP/Nan)

KARANGASEM, BALIPOST.com – Upacara Pujawali Purnama Kalima di “Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir, Banjar Sogra, Desa Sebudi, Kecamatan Selat, Karangasem “kasineb” pada Selasa (3/11). Upacara penyinebab dipuput Ida Pedanda Istri Karang dari Geria Kanginan Sibetan, Kecamatan Bebandem.

Penglingsir Pura Pasar Agung Besakih Giri Tohlangkir, Jro Mangku Gede Umbara, mengungkapkan, selama pelaksanaan pujawali cukup banyak krama yang tangkil untuk melakukan persembahyangan kendati masih dalam situasi pandemi Covid-19 yang hingga kini masih berlangsung. “Hari ini (Selasa Red) Pujawali Kalima kasineb,” Ucapnya.

Baca juga:  Mau Dilimpahkan, Tahanan Narkoba Ditemukan Tewas

Seksi Informasi, Komunikasi dan Publikasi Panitia Pura Pasar Agung I Wayan Suara Arsana mengatakan, pujawali tetap digelar berdasarkan kesepakatan atau keputusan bersama PHDI Bali, MDA Bali, dan prajuru Pura Pasar Agung. Bahwa pelaksanaan tetap digelar meski situasi pandemi. “Selama berlangusngnya punawali, penyelenggara upacara telah menjalankan protokol kesehatan dengan tertib dan disiplin,” Katanya.

Suara Arsana mengakui, rentetan upacara yang dulunya 11 hari menjadi tiga hari pasca puncak upacara adalah pembatasan agar tak ada kerumunan. “Yang jelas, inti upacara berlangsung dengan lancar. Kami juga melaksanakan upacara tanpa mesampingkan pandemi ini. Jadi nyejer-nya dipersingkat,” Jelasnya. (Eka Prananda/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.