Salah satu tempat karantina OTG yang disiapkan oleh pemerintah Kabupaten Karangasem. (BP/nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pemerintah Kabupaten Karangasem menyiapkan dua tempat sebagai mengarantina orang tanpa gejala (OTG) COVID-19. Hal ini sebagai langkah antisipasi bila nantinya ada lonjakan kasus di Bumi Lahar.

Sekretaris GTPP COVID-19 Karangasem, I Ketut Sedana Merta, Senin (11/10) mengungkapkan, sejauh ini pihaknya telah melakukan survei ke sejumlah tempat. Salah satunya Rumah Sakit Pratama Kubu di Desa Tianyar Barat dan Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) di Kelurahan Subagan, Karangasem. “Dua tempat itu, rencananya bakal kita manfaatkan untuk karantina OTG dan gejala ringan,” ucapnya.

Baca juga:  Ratusan Warga Padangkerta Jalani "Rapid Test," Belasan Reaktif

Sedana Merta menambahkan, upaya ini dilakukan guna mem-back up pemerintah daerah. Pemerintah mesti mengantisipasi kemungkinan terburuk pandemi hingga Desember mendatang.

Apalagi di Desember nanti akan digelar Pilkada serentak, termasuk di Karangasem. “Dengan kesediaan tempat ini, OTG tidak lagi karantina mandiri lagi, melainkan karantina terpusat,” jelasnya.

Melihat penambahan kasus masih saja terjadi di Karangasem, Sedana Merta meminta kepada masyarakat diharapkan tetap ikuti protokol kesehatan demi menekan penyebaran COVID-19. “Protokol kesehatan secara disiplin harus terus diterapkan oleh warga, sehingga kasus bisa ditekan,” pintanya. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.