Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati menyerahkan bendera IHGMA Bali kepada Yoga Iswara disaksikan Ketua DPP IHGMA, Ketua DPD IHGMA Bali sebelumnya. (BP/may)

DENPASAR, BALIPOST.com – Yoga Iswara terpilih menjadi Ketua IHGMA Bali periode 2020 – 2023 dalam acara Musda I pada Jumat (2/10) di Hotel Prama Sanur. Yoga terpilih setelah melalui proses pencalonan kandidat Ketua dari yang berlangsung pada 1 hingga 8 September.

Terdapat 15 kandidat calon. Selanjutnya dilakukan rapat pleno Ketua Musda, Sekretaris dan tim sidang dilakukan pada tanggal 9 -13 September dan dilanjutkan dengan pemilihan kandidat tahap I (3 besar) pada 21 September. Selanjutnya kampanye kandidat tiga besar dan puncaknya pada 2 Oktober digelar Musda Pemilihan Ketua IHGMA.

Pemilihan ketua ini dilakukan secara daring sebagai aplikasi dari penerapan revolusi industri 4.0 yang digaungkan para stakeholder pariwisata selama ini.

Musda juga dihadiri Wakil Gubernur Bali Tjokorda Oka Artha Ardana Sukawati, Kepala KPw BI Bali Trisno Nugroho, Kepala Dinas Pariwisata Bali Putu Astawa, Ketua BTB IB Sidharta, dan Ketua Umum DPP IHGMA Arya Pering Arimbawa. Pelantikan Yoga Iswara sebagai Ketua IHGMA Bali dilakukan Wagub Bali bersama Ketua DPP IHGMA dan disaksikan Ketua IHGMA sebelumnya, I Nyoman Astama.

Baca juga:  IHGMA Bali Gelar Buka Puasa Bersama di Rumah Luwih Gianyar

Yoga Iswara dalam program kerjanya menargetkan merekrut 500 General Manager (GM), karena potensi GM lokal cukup besar. Mereka kadang kurang merasa belum memahami peran sebagai GM.

Strategi yang dilakukan dengan menigkatkan value member. “Kalau mereka merasakan ada benefit yang memang pantas didapatkan, akan menarik mereka menjadi member,” ujarnya.

Untuk itu IHGMA akan menjadi fasilitator, yang akan menjadi full factor penarik mereka menjasi member. Ia juga akan mengupayakan adanya sertifikasi GM.

Komunikasi telah dilakukan dengan lembaga sertifikasi dan IHGMA dikatakan akan menjadi pendobrak sertifikasi GM pertama karena sertifikasi pengakuan itu penting. “Kita berharap IHGMA seperti GIPI yang mempunyai bargaining position yang kuat,” ujarnya.

Baca juga:  Dewan Usulkan Pengadaan Seragam Sekolah Melibatkan Pihak Ketiga

Setelah meningkatkan value member, ia yakin GM yang belum masuk akan masuk menjadi member dan menjadi suatu keharusan menjadi member IHGMA. Ia berharap konsep ini bisa diterapkan di DPD lain melalui DPP.

Ketua Umum DPP IHGMA Arya Pering Arimbawa merasa senang dan bangga karena proses pemilihan ketua diikuti kandidat yang merupakan para pemimpin yang luar biasa. “Akan tetapi dengan menjunjung aturan yang ada, pastinya proses akan berjalan lancar dan diterima oleh semua anggota,” ujarnya.

Ia mengucapkan terima kasih kepada pengurus yang selama ini sudah berjuang dalam mengharumkan nama IHGMA. Juga selamat untuk kepengurusan yang baru periode 2020 – 2023 dalam melanjutkan perjuangan dan semakin aktif berkarya untuk memajukan sumber daya manusia dan pariwisata Bali juga Indonesia pada umumnya.

Baca juga:  RS PTN Unud Siap Terima Tukang Suwun Asal Bangli Positif COVID-19

Ketua IHGMA Bali sebelumnya I Nyoman Astama mengatakan, DPD IHGMA Bali memiliki 131 anggota yang mewakili 14.303 karyawan dengan total kamar 12.675. Para member DPD IHGMA Bali merupakan pucuk pimpinan dari berbagai usaha akomodasi yang memiliki peran sangat penting dalam berkontribusi nyata untuk kemajuan dunia industri pariwisata di Indonesia, khususnya di pulau Bali.

Dalam kiprahnya sebagai asosiasi profesi, IHGMA berperan aktif dalam berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Bersinergi sebagai partner pemerintah dalam mengembangkan destinasi wisata, usaha akomodasi, dan bekerjasama dalam pengembangan sumber daya manusia dengan SMK dalam program dosen vokasi, serta berbagai program positif lainnya. (Adv/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.