Untuk memperluas hubungan kerja sama, terutama dalam sektor pariwisata, Rumania melantik Konsul Kehormatan untuk Bali, Yoga Iswara, Selasa (13/6). (BP/may)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dalam rangka memperluas hubungan kerja sama, Rumania melantik Konsul Kehormatan untuk Bali. Dr. Yoga Iswara, BBA., BBM., MM., CHA ditunjuk sebagai Konsul Kehormatan Rumania yang pelantikannya dilakukan pada Selasa (13/6) di Legian, Badung.

Acara dihadiri oleh Duta Besar Rumania untuk Republik Indonesia H.E. Adrian Balanescu, Gubernur Bali Dr. Ir. I Wayan Koster yang diwakili oleh Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Bali Tjok Bagus Pemayun, A.Par., M.M. Hadir pula sejumlah Konsul Kehormatan di Bali, tokoh akademisi termasuk Dekan Pariwisata Universitas Udayana, Rektor IPB International dan tokoh stakeholder pariwisata Bali.

Konsul Kehormatan Rumania untuk Bali, Dr. Yoga Iswara dalam sambutannya menyampaikan hubungan Indonesia dan Rumania telah dimulai sejak 1950. Selama 73 tahun, kerja sama yang terjalin masih di sektor ekonomi dan perdagangan.

Baca juga:  Penguatan PPKM Mikro, Tabanan Masih Tunggu Instruksi

Pihak Rumania memandang potensi Indonesia sebagai pintu gerbang produknya di kawasan Asia Tenggara. Sementara itu, pihak Indonesia memanfaatkan Pelabuhan Constanta sebagai pintu masuk ke kawasan Uni Eropa. Indonesia memiliki sebuah kantor kedutaan besar di Bucharest dan Rumania juga memiliki sebuah kedutaan besar di Jakarta.

Berdasarkan data Kementerian Perdagangan RI, nilai perdagangan Indonesia dengan Rumania pada 2021 sebesar USD 146,17 juta. Surplus di pihak Indonesia sebesar USD 65,97 juta dengan nilai ekspor Indonesia ke Rumania sebesar USD 106 juta.

Akan tetapi nilai perdagangan 2021 mengalami penurunan 4,7% dibandingkan 2020 yang tercatat
sebesar USD 153,43 juta. Ekspor terbesar yang dilakukan Indonesia ke Rumania adalah karet, barang ektronik, dan kertas. Sementara impor dari Rumania terbanyak adalah sereal, mesin dan peralatan, serta pesawat.

Baca juga:  Harga Ayam dan Bebek Meroket

Yoga menambahkan bahwa selain kerja sama dalam perdagangan dan ekonomi, dua negara ini ke depannya akan memperkuat kerja sama dalam bidang pariwisata, pendidikan, kebudayaan, dan teknologi. “Sudah saatnya kedua negara memanfaatkan momentum economic recovery pascapandemi dengan memperkuat sekaligus mendiversifikasi kerja sama ekonomi guna meningkatkan nilai perdagangan dan investasi,” ujarnya.

Khususnya bidang pariwisata, Rumania dan Bali disebutnya sama-sama memiliki daya tarik alam dan budaya yang mempesona. Rumania juga membutuhkan banyak skill workers. Saat ini tenaga terampil terbanyak datang dari Negara Filipna. “Semoga Bali dan daerah lainnya di Indonesia bisa menyusul sebagai penyedia tenaga tenaga terampil yang dibutuhkan Rumania,” harap Yoga.

Baca juga:  Ditambah, Rest Area di Taman Ujung

Kepala Dinas Pariwisata Bali Cok Bagus Pemayun mewakili Gubernur Bali menyampaikan pelantikan ini  merupakan pertama kalinya Rumania menunjuk konsul kehormatan untuk Bali. Hal ini menunjukkan adanya kemajuan hubungan persahabatan antarnegara, khususnya ada kepercayaan pemerintah Rumania dengan pemerintah Bali.

Dengan adanya konsul kehormatan Rumania di Bali ini, diharapkan jika terjadi permasalahan dengan warga Rumania bisa cepat terselesaikan. Ia berharap Yoga Iswara dapat mengemban tugas dengan baik, karena seorang warga lokal yang menjadi perwakilan sebuah negara di Bali merupakan kehormatan. “Saya berharap Yoga Iswara mampu menjaga kehormatan kedua negara baik sebagai WNI maupun sebagai sebagai perwakilan Pemerintah Rumania dan juga mampu menjaga hubungan baik kedua bangsa,” imbuhnya. (Citta Maya/balipost)

BAGIKAN