Pengurus IHGMA Bali 2023-2026 dikukuhkan di Puri Taman Sari Resort, Jumat (30/6). (BP/may)

TABANAN, BALIPOST.com – Indonesia Hotel General Manager Association (IHGMA) DPD Bali mengukuhkan kepengurusan 2023 – 2026 pada Jumat (30/6) di Puri Taman Sari Resort, Dusun Umabian, Tabanan. Kepengurusan ini akan berperan aktif dalam memajukan pariwisata di Indonesia, khususnya di Pulau Dewata dengan kolaborasi yang erat bersama pemerintah dan para stakeholder pariwisata Bali.

Acara Pengukuhan disaksikan oleh Kepala Dinas Pariwisata Bali, Tjok Bagus Pemayun. Dalam sambutannya, Pemayun menyampaikan pemulihan ekonomi Bali telah mencapai 75 persen, dengan pertumbuhan ekonomi Bali pada triwulan I sebesar 6,04 persen di atas pertumbuhan rata-rata nasional.

Bali berada pada posisi ke-6 di tingkat nasional. Pencapaian ini merupakan buah sinergi yang baik antara Pemerintah Bali dengan seluruh stakeholder yang ada dalam mewujudkan ketahanan ekonomi yang handal sekaligus pemulihan pariwisata yang semakin kuat.

Baca juga:  Pasar Gilimanuk Mulai Dibongkar

Ketua IHGMA DPD Bali, Dr. Yoga Iswara, BBA., BBM., MM., CHA menyatakan sangat bersemangat mengambil peran yang lebih aktif dalam memajukan pariwisata Indonesia, khususnya di Bali. Kepengurusan yang baru akan mengantarkan IHGMA Bali ke level selanjutnya sebagai episentrum keramahtamahan dan pariwisata di Bali, menjadi katalisator menciptakan kepemimpinan berkelanjutan dan mewujudkan transformasi pariwisata dari leading sector menjadi trans sector.

“Kami percaya bahwa dengan kolaborasi yang kuat dan kerja sama yang erat antara semua pemangku kepentingan, kita dapat mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan dan menyeluruh dalam industri pariwisata. Dengan memanfaatkan keahlian dan pengalaman anggota IHGMA DPD Bali, kami berkomitmen untuk mengembangkan program pemasaran yang inovatif dan strategis, memperkokoh SDM kepariwisataan, dan meningkatkan kualitas pelayanan, produk dan pengelolaan kepada wisatawan di Pulau Bali,” ujarnya.

Baca juga:  Deteksi COVID-19, DPRD Badung Usulkan Kawasan Pariwisata Gunakan Alat Ini

Wakil Ketua III IHGMA Bali Oka Cahyani mengatakan dengan mengusung semangat “Refresh-Reflect- Reunite”, IHGMA DPD Bali memperkenalkan pengurus barunya yang berjumlah total 60 pimpinan hotel. “Masa pandemi yang melanda dunia telah menguji ketahanan dan ketangguhan kita sebagai pelaku industri. Namun, saat ini kita semua memasuki fase pemulihan, saatnya bagi kita untuk merefresh pikiran kita, merefleksikan pengalaman kita, dan menyatukan kembali semangat kita,” ujar Oka.

Oka Cahyani yang sekaligus menjadi Ketua Panitia Pengukuhan menambahkan kepengurusan ini terdapat paduan 3 generasi yaitu, generasi perintis, generasi pendobrak dan generasi penerus. “Kita padukan dan selaraskan untuk menghasilkan karakter keberagaman sekaligus kebersamaan untuk saling menguatkan,” katanya didampingi Sekjen IHGMA DPD Bali Henita, CHIA.

Ketua Harian I IHGMA DPD Bali Komang Artana menyampaikan pihaknya memiliki tujuan utama meningkatkan standar produk, pelayanan dan pengelolaan serta profesionalisme di industri perhotelan. Dalam rangka mencapai tujuan tersebut, akan digelar pelatihan, seminar, dan konferensi untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan anggotanya.

Baca juga:  Kasus Rabies Kembali Meningkat

Selain itu, IHGMA DPD Bali juga akan membuka kerja sama yang lebih luas dengan lembaga pendidikan menciptakan SDM Pariwisata yang berkualitas dan berdaya saing global. Program ini akan didukung oleh 203 General Manager yang bernaung dalam IHGMA DPD Bali.

IHGMA DPD Bali juga berencana mengadakan pertemuan rutin dengan para pelaku industri pariwisata untuk memfasilitasi inovasi yang berkelanjutan melalui pertukaran ide, pengalaman, dan pengetahuan. Dalam kerangka ini, IHGMA DPD Bali akan membantu membangun jaringan kolaboratif yang kuat antara hotel-hotel, agen perjalanan, operator tur, dan pihak terkait lainnya. (bns/balipost)

BAGIKAN