Saat pandemi COVID-19 sosialisasi KB melalui program KIE langsung ke rumah penduduk. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Komando Distrik Militer (Kodim) 1611/Badung di tengah pandemi COVID -19 tetap gencar sosialisasi Keluarga Berencana (KB) melalui program komunikasi, informasi, edukasi (KIE). Program ini dilaksanakan untuk menekan pertumbuhan jumlah penduduk saat wabah virus Corona.

“Untuk mencegah penyebaran COVID-19 program ini (KIE KB) ini salah satu upaya dilakukan yaitu langsung ke rumah-rumah penduduk. Hari Rabu kemarin (30/9) kegiatan ini dilakukan di wilayah Denpasar,” kata Dandim 1611/Badung Kolonel Inf I Made Alit Yudana, didampingi Pasiter Mayor Inf Made Mustika, Kamis (1/10).

Baca juga:  Kodim Berikrar Perang Terhadap Narkoba

Dalam pelaksanaan di lapangan, Mayor Mustika menambahkan, konseling pelayanan KB berupa pil dan kondom dilakukan Babinsa bersama dengan PLKB desa/kelurahan. Pelayanan KB tetap berjalan dengan memperhatian protokol kesehatan pencegahan penyebaran virus Corona.

“Menggunakan pil KB atau kondom sesuai prosedur perlu dipertimbangkan untuk mengurangi kontak langsung antara pertugas dan masyarakat di puskesmas, klinik atau rumah sakit,” ujarnya.

Sebagai alat negara, kata dia, TNI juga berperan menyukseskan program KB ini. Hal ini sebagai langkah strategis TNI untuk memberikan pelayanan kesehatan termasuk pelayanan KB gratis kepada masyarakat.

Baca juga:  Tangkal Proxy War, Pelajar Perlu Pemahaman Wawasan Kebangsaan

Dengan demikian diharapkan dapat menekan jumlah pertumbuhan penduduk tiap tahun. Termasuk menekan angka kematian ibu dan anak, terutama saat pandemi COVID-19.

Program KB Kesehatan Semester II tahun anggaran 2020 ini, kata Dandim, dilaksanakan oleh setiap Koramil dan puskesmas. Program terlaksana dengan baik juga atas kerja sama Kodim 1611/Badung dengan dinas terkait di Kabupaten Badung serta Kota Denpasar. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.