Anggota TNI memasang masker ke warga yang tidak menggunakannya. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Belum meredanya kasus COVID-19 di Bali membuat aparat TNI lebih gencar melakukan pendisiplinan penerapan protokol kesehatan (prokes). Pada Jumat (21/8), personel Kodim 1611/ Badung bersama kepolisian, Satpol PP dan pecalang melakukan pemantauan tempat-tempat keramaian.

Alhasil banyak warga ditemukan tanpa masker. Seperti di dua tempat yang disasar, Pantai Sanur dan Lapangan Puputan I Gusti Made Agung, Denpasar.

Komandan Kodim (Dandim) 1611/Badung, Kolonel Inf Made Alit Yuda menyampaikan pendisiplinan penerapan prokes itu dilakukan secara humanis dan ramah kepada masyarakat. “Kami menganjurkan dan mengajak warga ikut memutus rantai pandemi (COVID-19) atas kesadaran diri sendiri,” ujarnya.

Baca juga:  Pedagang Agar Disiplin Laksanakan Protokol Pencegahan Covid-19

Saat melakukan pemantauan di Pantai Sanur masih ditemukan sejumlah pengunjung tidak mengenakan masker. Hal serupa juga terjadi di Lapangan Puputan Badung.

Warga  berolahraga tidak mengenakan masker. Padahal mereka membawa masker tapi disimpan di saku pakaiannya.

Alasannya merasa tidak nyaman bermasker saat berolahraga. Kepada warga yang tidak bawa masker, petugas langsung memberi masker. “Kita ingin bangun citra  Bali sebagai daerah pariwisata sehingga harus disiplin menerapkan protokol kesshatan,” ujarnya.

Baca juga:  Hasil Evaluasi Tatanan Era Baru, Ini Salah Satu Sebab Tambahan Kasus COVID-19 Masih Signifikan

Menurutnya, peran TNI dalam penanganan COVID-19 memiliki dua tugas. Pertama, mengendalikan penularan COVID-19 baik melalui transmisi lokal maupun kasus luar. Kedua, turut mendukung pemulihan perkonomian Bali dengan mendisiplinkan masyarakat agar mematuhi prokes.

Oleh karena itu, masyarakat diharapkan menumbuhkan kesadaran disiplin menerapkan prokes, yaitu mengenakan masker, menjaga jarak fisik dan mencuci tangan. “Bantu kami. Kami punya keterbatasan, tidak bisa 100 persen kerja full. Kami perlu bantuan dari masyarakat untuk menyukseskan pendisiplinan ini,” tutupnya. (Kerta Negara/balipost)

Baca juga:  Karena Ini, Tokoh Masyarakat dan Pemuda Dikumpulkan

Ketfofo

Anggota Kodim 1611/Badung memberikan masker kepada warga di Lapangan Puputan I Gusti Made Agung, Denpasar. (ist)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.