Peserta orientasi dan pelatihan calon anggota PWI Bali. (BP/Istimewa)

DENPASAR BALIPOST.com – PWI Bali menggelar kegiatan orientasi anggota PWI dan Karya Latihan Wartawan (KLW) di Gedung PWI Bali, Jumat (28/8). Kegiatan yang diikuti 123 peserta calon anggota PWI Bal ini digelar untuk meningkatkan kualitas wartawan yang bergabung dalam PWI Bali. Peserta orientasi terdiri atas wartawan cetak, siber dan elektronik.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua Dewan Kehormatan PWI Provinsi Bali I Nyoman Wirata, Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra, jajaran pengurus PWI dan Dirut PT Jimbaran Hijau, Agung Prianta.

Ketua Panitia Kegiatan, Emanuel Dewata Oja menyampaikan, dari 123 peserta yang ikut orientasi dan KLW, sebagian besar merupakan wartawan media online, selebihnya media cetak dan elektronik. Seluruh peserta berasal dari media berbadan hukum.

Baca juga:  PWI Diminta Membumikan "Nangun Sat Kerthi Loka Bali"

Sebab, sesuai ketentuan, semua penerbitan media pers maupun ciber harus berbadan hukum.

Ketua PWI Bali Dwikora Putra mengatakan, hasil keputusan Kongres PWI di Solo tahun 2018, salah satunya mewajibkan calon anggota PWI mengikuti orientasi dan KLW. Karena itu, kegiatan ini penting dilakukan.

Pihaknya sangat mengapresiasi animo peserta yang jumlahnya cukup banyak mengikuti acara ini. “Kami apresiasi animo luar biasa dari peserta, untuk bergabung ke rumah besar, PWI Bali. Jika semua peserta yang mengikuti kegiatan ini lulus, anggota PWI Bali akan berjumlah 400 orang lebih. Sementara jumlah anggota PWI seluruh Indonesia tercatat 15 ribu orang,” ujar Dwikora yang Pemred Warta Bali.

Baca juga:  Kembangkan Pariwisata Kerakyatan, Badung Bina Pokdarwis

Ia berharap peserta yang bergabung ke rumah besar PWI, bisa mempertanggungjawabkan kenggotaannya. Setelah lulus akan ada verifikasi dari pengurus PWI terhadap persyaratan asministrasi dan hasil ujian peserta. “Peserta bisa menjadi anggota muda PWI setelah lulus melewati sejumlah verifikasi. Mulai dari verifikasi panitia, verifikasi dewan kehormatan dan pengurus harian dan hasil ujian,’’ ucapnya.

Ketua Dewan Kehormatan PWI Bali, Nyoman Wirata menekankan pentingnya wartawan profesional, gigih dan tidak mudah menyerah. Dalam menjalankan profesi, tetap berpijak pada UU Pokok Pers dan kode etik jurnalistik. Selain itu wartawan juga mesti loyal terhadap profesi.

Baca juga:  Gubernur Koster : Wajib Hukumnya Bermitra dengan Media

Dirut PT Jimbaran Hijau Agung Pranata dalam sambutannya memotivasi awak media agar tetap semangat dalam berkarya pada pandemi COVID-19. “Maju terus menjaga independensi dan profesionalisme, serta selalu menjaga kesehatan,’’ ujarnya. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.