Aksi balapan liar dilakukan anak belasan tahun. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Beredar video balapan liar di Jalan Pulau Serangan, Denpasar Selatan (Densel), Selasa (25/8). Dalam video tersebut nampak tiga anak belasan tahun mengendarai sepeda motor adu cepat di jalur tersebut.

Padahal ulah mereka itu sangat berbahaya bagi yang bersangkutan dan orang lain. “Itu sangat berbahaya bagi dirinya dan juga orang lain,” kata Kapolsek Densel Kompol Nyoman Wirajaya.

Padahal, lanjut Kompol Wirajaya, pihaknya telah melakukan berbagai upaya untuk mencegah balapan liar tersebut. “Kami rutin mengedukasi anak-anak milenial agar tahu dan paham tentang keselamatan. Ini sudah berjalan baik di sekolah-sekolah dan karang teruna-teruni. Itu upaya preemtif yang telah kami lakukan,” ujar Wirajaya.

Baca juga:  Dikeroyok, Karyawan Minimarket Meninggal

Untuk upaya persuasif, lanjut mantan Kapolsek Kuta ini, setiap malam minggu pihaknya melakukan operasi gabungan bersama pecalang dan desa adat setempat. Alhasil banyak yang sudah diamankan dan barang bukti sepeda motor masih diamankan di polsek. “Untuk pelakunya hanya diberikan pembinanaan dengan datang ke polsek dan membawa semua surat-surat serta kelengkapan sepeda motornya,” ucap mantan Kapolsek Ubud, Gianyar ini.

Pihaknya menerapkan penegakan hukum apabila aksi mereka sangat membahayakan dan melakukan tindakan pidana. “Kadang mereka kucing-kucingan. Kami akan meningkatkan pengawasan di wilayah tersebut,” tegas perwira melatu satu asal Buleleng ini. (Kerta Negara/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.