Jalan di perempatan menuju Pelabuhan Padangbai, Manggis. Pembangunan jalan by pass rencananya dilakukan secara bertahap. (BP/Nan)

AMLAPURA, BALIPOST.com – Pembangunan kelajutan By Pass Ida Bagus Mantra hingga perempatan Padangbai, Manggis, Karangasem rencananya dilakukan secara bertahap. Sebab, pembanguan tersebut masuk rencana strategis nasional dan menjadi target pemerintah pusat.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Karangasem, I Nyoman Sutirtayasa, mengungkapkan, kalau rencana pembangunan kelanjutan Jalan By Pass Ida Bagus Mantra bakal dilakukan bertahap. Hal itu diungkapkan langsung oleh balai jalan nasional saat melakukan audiensi ke Bupati Karangasem sebelumnya.

Baca juga:  Jalani Sidang Perdana, Pelaku Kekerasan Seksual Tak Ajukan Keberatan

“Jalan ini sangat dibutuhkan. Rencana ini sudah masuk rencana strategis nasional, dan menjadi target pemerintah pusat. Pembangunan jalan itu rencananya bakal dilakukan secara bertahap. Hanya saja, kapan mulai pembangunanya belum bisa dipastikan. Kita harap, pembangunan itu bisa segera direalisasikan,” ucapnya.

Sutirtayasa menambahkan, sebelum pembangunan jalan itu, petugas dari Balai Jalan Nasional akan mengelar FS (Feasibility Study) di lokasi pembangunan. Seandainya layak pengerjaan akan dilanjutkan, tapi jika tak layak dicarikan opsi yang lain.

Baca juga:  Penelitian Situs Wasan Dilanjutkan

“Untuk panjang jalan dari Kusamba – Padangbai diperkirakan sekitar 4-5 kilometer. Pengerjaan jalan kemungkinan akan melewati beberapa bukit. Jika ini terealisasi, Pemerintah Daerah mungkin akan melakukan pembebasan lahan,” katanya Sutirtayasa. (Eka Parananda/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.