Dinas Kesehatan Badung melakukan rapid test masal terhadap warga Darmasaba. (BP/Ist)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Dinas Kesehatan Kabupaten Badung melakukan rapid test terhadap warga Darmasaba, Abiansemal, Badung. Rapid test massal dilakukan lantaran terdapat kluster Pasar Kumbasari Denpasar yang positif covid-19. Celakanya, warga yang hasil swabnya dinyatakan positif covid-19, sebelumnya juga sempat ngayah di pura Dalem, sehingga pelaksanaan rapid test tidak hanya dilakukan pada warga satu banjar saja, melainkan di wilayah Desa Adat Tegal Darmasaba.

“Yang di rapid ini rata-rata semua warga yang dulu ngayah di Pura dalem itu termasuk banjar Bersih,” ujar Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Badung, dr. I Nyoman Gunarta saat dikonfirmasi Jumat (26/6).

Menurutnya, pelaksanaan rapid test massal di lingkungan Desa adat Tegal Darmasaba, dilakukan di Banjar Bersih, Desa Darmasaba. Rapid test kali ini Dinkes Badung menargetkan sebanyak 900 orang ikut melakukan rapid test.

Birokrat asal Sibang Gede ini menjelaskan dari hasil tracing di Kumbasari, ada 4 warga yang alamatnya di Banjar Bersih Darmasaba positif covid-19. Setelah dilakukan pengecekan kembali, ternyata 3 warga yang bertempat di areal banjar Bersih dan satu lagi tinggal di Jalan wibisana Denpasar.

“Pada saat itu, kita langsung melakukan swab kepada keluarga dari 4 warga tersebut. Dari swab tersebut, ternyata sudah ada transmisi kepada banyak orang. Bahkan totalnya kasus di Darmasaba ada sebanyak 18 orang yang terpapar covid-19 hingga hari ini,” katanya.(Parwata/Bali Post)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.