Gedung RSUD Klungkung. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – RSUD Klungkung memastikan keberadaan ruang isolasi masih aman di tengah terjadi lonjakan pasien COVID-19. Direktur RSUD Klungkung dr. Nyoman Kesuma, memastikan Ruang Isolasi saat ini masih sanggup menampung pasien positif COVID-19. Saat ini, lonjakan pasien menjadi 14 orang positif dan 2 PDP. Sedangkan kapasitas normal ruang isolasi bisa menampung 27 tempat tidur pasien, katanya, Selasa (9/6).

Untuk kapasitas di Ruang Isolasi Basement, saat ini masih tersisa 1 tempat tidur untuk kapasitas normal. Tetapi sesungguhnya bisa untuk 4 tempat tidur lagi untuk kapasitas maksimal. Sementara di Ruang Isolasi Kedondong masih tersisa 10 tempat tidur untuk PDP. Bila penambahan kasus melonjak lagi, maka 8 tempat tidur di Ruang Isolasi Kedondong yang diperuntukkan untuk merawat pasien infeksi pernapasan, bisa dialihkan untuk merawat pasien positif COVID-19.

“Untuk Ruang Isolasi Basement, kapasitasnya bisa dimaksimalkan sampai 18 pasien. Sedangkan Ruang Isolasi Kedondong bisa dimaksimalkan sampai 20 pasien. Langkah memaksimalkan Ruang Isolasi ini ditempuh, kalau terjadi pasien melebihi kapasitas normal 27 tempat tidur dan RS Rujukan ini penuh,” kata dr. Kesuma.

Sejak terjadi lonjakan pasien positif COVID-19, total sudah ada 14 pasien positif yang dirawat di Ruang Isolasi RSUD Klungkung dan dua orang PDP. Dia berharap mudah-mudahan jumlah kasus positif COVID-19 tidak melebihi kapasitas maksimal dan pasien COVID-19 yang sedang dirawat cepat sembuh. Sehingga, tidak lama membutuhkan perawatan di rumah sakit. “Saat ini sudah ada dua orang pasien positif COVID-19 yang test swab evaluasi ke satu, hasilnya negatif. Semoga yang lain juga begitu, agar cepat sembuh,” tegasnya.

Total pasien terkait COVID-19 yang dirawat di RSUD Klungkung sejak 11 Maret sampai dengan Selasa (9/6) tercatat mencapai 91 orang. Terjadi konfirmasi positif COVID-19 sebanyak 21 orang dan PDP sebanyak 70 orang. (Bagiarta/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.