Pemain Timnas Kabaddi Indonesia. (BP/Ist)

DENPASAR, BALIPOST.com – Olahraga kabaddi ternyata banyak diminati berbagai provinsi. Hal itu bisa dilihat dari jumlah peserta meeting virtual yang mencapai 1156 orang, dan mereka intinya ingin mengembangkan olahraga kabaddi di daerahnya masing-masing. Bahkan, para peserta juga ingin agar diselenggarakan event maupun turnamen.

Sekjen PP Federasi Olahraga Kabaddi Seluruh Indonesia (FOKSI), Maryoto Subekti, di Denpasar, Minggu (7/6) mengemukakan, pihaknya bangga dalam meeting virtual pada pekan lalu, terungkap bahwa cabor kabaddi banyak diminati daerah-daerah lain. “Hingga kini, sudah terbentuk 18 Pengprov FOKSI di Indonesia,” ungkap Maryoto.

Yang membanggakan, kabaddi sudah resmi dipertandingkan pada hajatan multievent Asian Games (AG) dan Asian Beach Games (ABG). “Kami masih ingin menjajaki, agar kabaddi resmi dipertandingkan pada hajatan multievent dua tahunan antarbangsa se-Asia Tenggara, yang lebih dikenal SEA Games,” sebut Maryoto.

Dijelaskannya, upaya mengembangkan kabaddi akan dilakukan PP FOKSI. Langkah yang ditempuh dengan mengirim wasit kabaddi yang kualitasnya cukup mumpuni. “Oleh karena tingginya animo beberapa provinsi ingin mengembangkan kabaddi, maka kami siap mengirimkan instruktur baik pelatih maupun wasit,” kata dia.

Ia berharap, pandemi Covid-19 segera berakhir, sehingga bisa berkeliling provinsi guna melakukan ekspansi mengembangkan olahraga asal India ini. “Kami juga memiliki wasit internasional yang biasa memimpin pertandingan di level Liga Pro,” terang dia. Maryoto berobsesi, olahraga murah meriah ini makin digandrungi masyarakat Indonesia. Apalagi, Bali siap menggelar turnamen nasional Piala Gubernur. Maryoto merinci, permainan olahraga kabaddi bisa dilakukan di indoor, outdoor, pantai serta lapangan sepak bola (circle). (Daniel Fajry/Balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.