SURABAYA, BALIPOST.com – Selain dua mobil kombat laboratorium bio safety level 2, Jawa Timur akan menerima kembali bantuan satu unit mobil serupa. Pemerintah Provinsi Jatim memastikan bantuan satu unit mobil yang menurut jadwal akan tiba pada Selasa (2/6) ini akan ditempatkan untuk pelayanan di Kota Surabaya.

Satu unit mobil kombat laboratorium “bio safety” level dua bantuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) COVID-19 Indonesia dilengkapi fasilitas empat mesin “polymerase chain reaction” (PCR) dengan teknologi tercanggih. Menggunakan kristal reagen untuk pemeriksaan virus corona (COVID-19).

Baca juga:  Ramadan 2023, Ini Sejumlah Produk Paling Dicari Konsumen Digital di Tokopedia

Hasilnya bisa langsung diketahui dalam waktu 45 menit. Per hari, empat mesin PCR di satu unit mobil itu bisa mengambil sebanyak 600 sampel swab.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Timur, Suban Wahyudiono, memastikan akan tiba satu unit lagi mobil kombat laboratorium bio safety level dua. Nantinya, mobil itu secara khusus disiagakan untuk pelayanan di Kota Surabaya//

Selain mobil laboratorium bantuan dari GTPP COVID-19 pusat, khusus di Kota Surabaya terdapat tujuh laboratorium statis untuk pemeriksaan PCR. Tersebar di sejumlah rumah sakit rujukan.

Baca juga:  Kasus Omicron di Indonesia Kembali Bertambah

GTPP COVID-19 mendorong agar seluruh laboratorium tersebut dapat melakukan pemeriksaan PCR dengan mengambil sebanyak 3.600 sampel per harinya. (Feri Saputra/Surabaya TV)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *