IB Rai Dharmawijaya Mantra. (BP/Istimewa)

DENPASAR, BALIPOST.com – Wali Kota Denpasar, IB Rai Dharmawijaya Mantra menegaskan Kota Denpasar dari segi aturan persyaratan belum saatnya memasuki new normal. Namun, ia menilai warganya sudah beradaptasi dan menjalankan protokol kesehatan new normal.

Ia menegaskan new normal baru bisa dilakukan jika angka R0 (dibaca R naught) di bawah satu. R0 ini adalah angka yang menunjukkan bahwa satu orang menularkan ke berapa orang.

Saat ini, R0 COVID-19 di Denpasar mencapai 1,2 artinya satu orang positif COVID-19 menularkan pada 1,2 orang. “Untuk menurunkan angka menjadi R0 di bawah 1, diperlukan disiplin dan kesadaran tingkat tinggi dari diri sendiri, keluarga dan niaga,” tegas Wali Kota usai menyaksikan PD PGRI Denpasar menyerahkan 400 paket sembako kepada komunitas pendidikan di SMK PGRI 3 Denpasar, Kamis (28/5).

Di Denpasar kasus positif kini mencapai 82 kasus, sembuh 54 orang dan meninggal 2 orang. Namun menurut Wali Kota jumlah OTG masih tergolong banyak, apalagi didominasi warga luar Denpasar. “Ini artinya banyak terjadi penularan lewat transmisi lokal. Dari segi umur, terbanyak dialamai usia 18 – 45 tahun karena tingkat mobilitas mereka sangat tinggi,” ujarnya.

Makanya Wali Kota mengatakan hati-hati menjaga anak SMA/SMK, apalagi mau menyuruh mereka sekolah lagi di new nomal. “Kami yakin semua merasa jenuh, namun guru tak boleh putus asa,” ujarnya. (Sueca/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA * Time limit is exhausted. Please reload the CAPTCHA.