DENPASAR, BALIPOST.com – Kober Pura Mregan Kesiman dipundut ke Pura Petilan Kesiman sebagai tanda prosesi ngarebong segera dimulai Minggu (8/3). Kober berwarna merah putih dan hijau ini sesuai tradisi sebagai tanda bahwa Ida Sasuhunan se-desa adat Kesiman menuju ke Pura Petilan.

Krama Desa Adat Kesiman secara rutin menggelar prosesi ngarebong di Pura Petilan Kesiman. Ritual Dewa Yandnya dan Butha Yadnya tersebut akan dimulai pukul 17.00 Wita, namun pelawatan Ida Bhatara sesuhunan baik pratima, barong dan ratu ayu sudah mulai mememasuki areal pura sejak pagi hari.

Baca juga:  KPU Denpasar Kekurangan 1.545 Kotak dan Bilik Suara

Gusti Ngurah Gede, S.H., yang juga ketua DPRD Kota Denpasar menggelar simakrama pangerebongan pada Sabtu (7/3). Kata dia, selain untuk mempertahankan tradisi leluhur juga untuk meningkatkan hubungan puri dengan pasemetonan serta antarkrama.

Hal ini, kata dia, sangat relevan dipertahankan karena di era global semakin banyak masalah yang dihadapi desa adat serta mahalnya rasa persaudaraan. Namun intinya, kata dia, terjalin hubungan kekerabatan antara umat dan krama dengan menjadikan momentum ritual pangarebongan di Kesiman. (Sueca/balipost)

BAGIKAN