Petugas melakukan pembersihan sampah di Pantai Kuta. (BP/Istimewa)

MANGUPURA,BALIPOST.com – Sampah kembali menyerbu pantai di Kabupaten Badung, Kamis (5/3). Peningkatan volume sampah tak hanya di Kuta dan Seminyak, melainkan pula di seluruh bentangan barat seperti Pantai Jimbaran, Pantai Kedonganan dan Pantai Jerman.

Sampah kiriman didominasi batang dan ranting kayu. Untuk menangani sampah tersebut, 700 petugas Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Badung dengan sejumlah alat berat dikerahkan sejak pagi. “Kali ini hampir semua sampah berupa kayu. Hingga siang ini, penanganan sampah masih terus berlangsung,” kata Koordinator Deteksi Evakuasi Sampah Laut DLHK Badung, Made Gede Dwipayana.

Baca juga:  Tahun Ini, Pelabuhan Segitiga Emas Mulai Dibangun

Menurutnya, petugas masih berjibaku membersihkan sampah di semua pantai yang terdampak sampah kiriman. Pihaknya mengalami kesulitan menangani sampah kiriman mengingat masih banyak sampah yang hanyut digulung ombak.

Khusus pengangkutan, dilakukan secara bertahap. Pembersihan untuk sementara difokuskan di Pantai Kuta. “Sebab, pantai ini paling banyak dikunjungi wisatawan. Lebih cepat bersih, lebih bagus supaya tidak mengganggu pemandangan dan kenyamanan wisatawan,” ujarnya. (Pramana Wijaya/balipost)

BAGIKAN