Seniman menarikan Tari Bali saat pementasan di PKB 2019, Selasa (2/7). (BP/eka)

BANGLI, BALIPOST.com – Pesta Kesenian Bali (PKB) akan kembali digelar bulan Juni mendatang. Untuk mengikuti event tahunan tersebut, Kabupaten Bangli telah menyiapkan belasan sekaa seni.

Kabid Kesenian Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Bangli I Wayan Sudrawan, Selasa (3/3) mengatakan sedikitnya ada 16 sekaa seni yang dilibatkan dalam PKB tahun ini. Adapun materi yang akan diisi oleh Bangli diantaranya gong kebyar dewasa, gong kebyar anak, gong kebyar wanita, drama gong, lagu pop, ngelawang, jogen bungbung, lomba gender anak dan lainnya.

Baca juga:  Ratusan Delegasi IMF-WB Kunjungi Penglipuran

Persiapan seperti latihan-latihan sudah mulai dilakukan oleh masing-masing sekaa seni yang akan terlibat. Pihaknya dari Disparbud juga sudah turun ke lapangan untuk mengecek dan memantau persiapan yang sudah berjalan.

Mengenai anggaran yang diisiapkan Bangli untuk ikut PKB tahun ini, Sudrawan menyebutkan Rp 1,4 miliar. Anggaran yang disiapkan tersebut bersumber dari DAU dan BKK Provinsi. Pemkab tidak lagi menganggarkan dana dari BKK Kota Denpasar agar kejadian tahun sebelumnya tidak terulang kembali.

Baca juga:  Bali Catatkan Puluhan Kasus COVID-19 Baru

Dimana seperti yang diketahui, akibat dana PHR Denpasar tak kunjung cair hingga November tahun lalu, seniman di Bangli yang berpartisipasi dalam PKB terpaksa harus menalangi biaya pentas dengan uang sendiri. Bahkan mirisnya ada yang sampai harus menjual mobil pribadinya.

Pada akhirnya Denpasar ternyata batal memberikan dana BKK. “Antisipasi sekarang sudah kita usahakan sumber dana dari DAU dan BKK Provinsi.  Kalau kemarin sumber dananya daris BKK Kodya Denpasar yang batal memberikan BKK untuk Kabupaten Bangli,” terangnya. (Dayu Swasrina/balipost)

BAGIKAN