Siswa SMK Pariwisata Dalung menggunakan handphone untuk menjawab soal ujian sekolah. (BP/edi)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Ada yang menarik pada ujian sekolah tahun 2019/2020 di SMK Pariwisata Dalung, Badung, Selasa (3/3). Siswa yang biasanya tidak boleh membawa handphone, kali ini malah terbalik.

Seluruh siswa peserta ujian membawa HP masing-masing untuk menjawab soal ujian. Ternyata, menyongsong Revolusi Industri 4.0, pelaksanaan ujian SMK Pariwisata Dalung menggunakan konsep baru aplikasi khusus yang bisa diunduh di play store, google play dan appstore.

Baca juga:  Pengerjaan Peserta Rampung 50 Persen

Aplikasi yang dikenal dengan nama Appquiz SMKPDalung ini digunakan untuk mendukung pelaksanaan proses pembelajaran, terutama dalam proses evaluasi.

Menurut Ketua Pengurus Yayasan Pendidikan Pariwisata Bali Dwipa I Putu Gede Panca Wasidipa, S.E., untuk pertama kalinya aplikasi ini digunakan dalam ujian sekolah setelah sebelumnya dipakai dalam Ulangan Tengah Semester dan Ulangan Kenaikan Kelas (UKK).

Penggunaan aplikasi dalam pelaksanaan evaluasi pembelajaran selain merupakan bagian dari kesiapan SMK Pariwisata Dalung untuk menyongsong Revolusi Industri 4.0 melalui digitalisasi dan sistem online.

Baca juga:  Ambil Anakan Mangrove di Tahura, Dua Pekerja Ditegur

”Aplikasi ini juga mendukung program pemerintah untuk ramah lingkungan,” ujar Wasidipa didampingi Kepala SMK Pariwisata Dalung Ni Putu Trisnawati S.Pd. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN