Menteri Perhubungan RI Budi Karya Semadi saat berkunjung ke Terminal Tipe A Mengwi, Badung. (BP/par)

MANGUPURA, BALIPOST.com – Kendaraan pengumpan (feeder) yang dihapus lantaran tak berfungsi maksimal, bakal kembali dihidupkan pemerintah pusat. Ide mengoperasikan kendaraan pengumpan ini bertujuan menghubungkan sejumlah terminal di Kabupaten Badung dan Kota Denpasar.

Hal itu dikemukakan Menteri Perhubungan (Menhub) RI Budi Karya Sumadi saat berkunjung ke Terminal Tipe A Mengwi, Kamis (8/8). Pemerintah pusat siap memberi subsidi guna menarik minat masyarakat beralih menggunakan moda transportasi umum. “Kami menghubungkan Terminal Mengwi, Terminal Dalung, Terminal Ubung, dan Central Parkir Kuta. Caranya dengan menyiapkan kendaraan pengumpan,” katanya.

Baca juga:  Bus Rombongan Tirtayatra Terguling, 26 Luka-luka

Menurutnya, dengan adanya kepastian waktu masyarakat diharapkan mau memanfaatkan angkutan umum. “Konektivitas ini penting. Sekarang ini katanya masyarakat justru banyak mengeluh karena jarak dari Terminal Ubung ke Terminal Mengwi cukup jauh,” ujarnya.

Saat ini masyarakat yang berangkat dari Terminal Ubung mesti mencari taksi yang biayanya cukup mahal. Jika ada feeder, masyarakat merasa ada kepastian. “Saya ditugaskan oleh Bapak Presiden untuk memperhatikan Bali, karena Bali adalah tujuan wisata utama,” sebutnya.

Baca juga:  Menabuh dalam Kegelapan, Menari dalam Kebisuan

Terkait realisasi subsidi, Budi Karya Semadi menegaskan akan diberikan mulai Oktober 2019. Subsidi yang diberikan kira-kira mencapai Rp 5 miliar. “Orang tetap bayar, sekarang Rp 3.500, kalau disubsidi bisa Rp 2.000. Jadi, sebagian disubsidi oleh pemerintah,” pungkasnya. (Parwata/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *