Jurang Batu, Desa Suana, Kecamatan Nusa Penida rusak. Pemkab diharapkan bisa segera melakukan perbaikan. (BP/ist)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kondisi ruas jalan Ponjok-Jurang Batu, Desa Suana, Kecmatan Nusa Penida, Klungkung cukup memprihatinkan. Kerusakan terjadi di sejumlah titik hingga sangat mengganggu kenyamanan pengendara. Seorang warga, Putu Kartika mengatakan kerusakan tersebut sudah lebih dari setahun. Mengingat yang melintasi cukup ramai, pemerintah diharapkan segera melakukan perbaikan, supaya tak terus menuai keluhan. “Kalau musim panas, keluar debu. Krikil juga berhaburan. Cukup mengganggu. Kendaraan susah melintas,” ujarnya, Minggu (23/9).

Baca juga:  Sempat Mengelak, Pencuri Tak Berkutik Karena Aksinya Terekam CCTV

Camat Nusa Penida, I Gusti Agung Gede Putra Mahajaya mengatakan perbaikan jalan sepanjang 9 kilometer itu sudah diusulkan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2019. Ia juga berharap itu bisa mendapat skala prioritas. “Ini ditangani Dinas PU. Usulan perbaikan sudah disampaikan,” katanya.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Kawasan Permukiman(PU-PRKP) Klungkung, I Nyoman Susanta mengatakan perbaikan sudah diusulkan melalui DAK sekitar Rp 13 miliar. “Itu sudah diusulkan  saat pertemuan di Makasar beberapa waktu lalu,” ungkapnya.

Baca juga:  Penuhi Kebutuhan Infrastruktur, Nusa Penida Harus Masuk KPPN

Seperti berita sebelumnya, selain di lokasi itu, kerusakan juga masih terjadi pada ruas lain. Secara keseluruhan mencapai 70 kilometer dari total panjang jalan yang menjadi kewenangan Pemkab sepanjang 229 kilometer. Menurut Pelaksana Tugas Kabid Bina Marga Ida Bagus Gede Eka Putra, menuntaskan perbaikannya memerlukan anggaran sekitar Rp 80 miliar. “Usulan melalui DAK dilakukan setiap tahun. Mudah-mudahan 2020 bisa selesai perbaikan,” terangnya. (sosiawan/balipost)

Baca juga:  Perairan Nusa Penida Dikepung Sampah

 

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *