MANGUPURA, BALIPOST.com – Dalam rangka memperingati 73 tahun kemerdekaan Republik Indonesia, Universitas Udayana (Unud), menggelar Harmoni Indonesia 2018, Minggu (5/8). Bertempat di Rektorat kampus bukit Jimbaran, kegiatan ini melibatkan sejumlah unsur yang diikuti sebanyak 3000 orang peserta.

Menurut Rektor Unud, Prof. Dr.dr. A.A. Raka Sudewi, Sp.S (K), kegiatan ini diselenggarakan secara serentak di 49 kota di seluruh Nusantara dan di beberapa kota besar di Indonesia. Tidak hanya untuk menyemarakkan 73 tahun kemerdekaan RI, kegiatan ini juga untuk mendukung dan menyemangati pelakasanaan Asian Games 2018 di Jakarta dan di Palembang.

Selain itu, Harmoni Indonesia ini juga dalam rangka merajut kebangsaan dan memperkokoh kembali persatuan Bangsa. “Bulan Agustus ini adalah bulan yang penuh makna bagi Bangsa Indonesia. Dengan empat pilar yang harus dimaknai, pertama Pancasila kedua Undang Undang Dasar 1945, ketiga Bhineka Tunggal Ika. Ketiga pilar ini, akan memperkuat pilar keempat dalam rangka memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia,” pungkasnya.

Baca juga:  Soal Kasus DMD, FPMHD Unud Minta Wakil Rakyat Lakukan Ini

Dikatakannya, kegiatan ini melibatkan berbagai pimpinan daerah di Bali, perwakilan dari perguruan tinggi negeri dan swasta di Bali, seluruh civitas akademika di Unud serta unsutr TNI dan Polri. “Harapan kami dengan mengelar Harmoni Indonesia 2018 ini adalah agar aset-aset yang dimiliki oleh bangsa dan negara, akan tetap terpelihara dengan baik. Dengan menjunjung tinggi nilai-nilai persatuan serta dapat hidup harmonis diantara sesama,” harapnya.

Baca juga:  Sambut Hari Kemerdekaan, Ini Dilakukan Polresta

Sementara Ketua Panitia yang juga Dekan Fakultas Kedokteran Unud, Dr. dr. I Ketut Suyasa, Sp.B, Sp.OT (K) menyampaikan, tema dari kegiatan ini adalah “Mari bernyanyi bersama menyemangati Asian games 2018 dan memperkokoh persatuan NKRI”. Dengan melibatkan sebanyak 3000 peserta dari seluruh seluruh civitas akademika Unud, unsur TNI, Polri dan seluruh perwakilan Instansi di Bali. “Mudah-mudahan Harmoni Indonesia ini bisa membangkitkan semangat kebangsaan, semangat cinta tanah air. Semoga dalam rangka 73 tahun kemerdekaan Indonesia kita bisa tetap menjaga keutuhan NKRI,” pungkasnya.

Baca juga:  Ruangan Wakil Rektor Unud Ikut Digeledah, Ratusan Dokumen Disita

Menurutnya, sesuai dengan arahan dari Kemenristek Dikti, Unud mendapat kepercayaan untuk di Bali sebagai salah satu pusat penyelenggaraan Harmoni Indonesia. Berkaitan dengan peringatan 73 tahun kemerdekaan RI, pihaknya mengajak semua pihak untuk terus bekerja meningkatkan prestasi.

Pada kesempatan tersebut, saat apel pagi, selain dilakukan pelepasan balon, juga diisi dengan pembentangan bendera dengan panjang 100 meter. Sementara, pada puncak acara diisi dengan paparan dari perwakilan Menteri Pertahanan, menyanyikan lagu-lagu kebangsaan serta live conference dari 10 provinsi di Indonesia. (Yudi Karnaedi/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *