Pantai
Peletakan Batu Pertama Patung Penyu di Pantai Penimbanngan. (BP/mud)
SINGARAJA, BALIPOST.com – Patung Penyu akan menjadi ikon pantai Penimbangan, Desa Baktiseraga, Kecamatan Buleleng. Jumat (20/10), dilakukan peletakan batu pertama pembangunan patung penyu. Patung ini dibangun di pertigaan jalan menuju lokasi penangkaran penyu di sebalah timur Pura Segara Penimbangan.

Menurut Penggiat Save Penyu Dedy Yastika, aktivitas pelestarian penyu dan taman terumbu karang di Pantai Penimbangan beakangan ini semakin menggeliat. Sejalan dengan kondisi itu, pihaknya bersama nelayan, aparat desa dan dukungan pihak suwasta membangun patung penyu di pintu masuk menuju kawasan konservasi penyu dan teman terumbu karang Pantai Penimbangan.

Baca juga:  Pantai Penimbangan, Kawasan Konservasi Penyu di Buleleng

Pembangunan patung penyu ini penting untuk menunjukkan kepada publik bahwa Pantai Penimbangan tidak saja sebagai obyek wisata bagi wisatawan lokal, tetapi pantai yang juga menjadi tempat pelestarian penyu dan taman terumbu karang. Konsep ini didukung dengan keberadaan populasi penyu dan taman terumbu karang yang mulai terjaga dengan baik.

Dari identitas melalui perwujudan patung tersebut, Dedy optimis wisatawan mancanegara (wisman) dan wisatawan lokal semakin tertarik untuk mengunjungi Pantai Penimbangan. Bukan hanya menajdi daerah tujuan wisata, akan tetapi mengajak wisatawan untuk berpartisipasi dan semakin peduli untuk senantiasa melakukan gerakan yang mengarah pada pelestarian pantai.

Baca juga:  Dari Pembunuh Teller Bank Kalap hingga Hari Ini Seluruh Korban Jiwa COVID-19 Warga Zona Merah!

“Kami membuat patung ini setelah pelestarian penyu secara suwadaya membuahkan hasil. Kami sekarang terus menggalakkan pelestarian dan patung ini sebagai ikon Pantai Penimbangan sebagai daerah tujuan wisata dan juga mengajak semua pihak untuk tetap peduli terhadap kelestarian laut dengan hewan laut yang langka salah satunya penyu,” jelasnya. (mudiarta/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *