JAKARTA, BALIPOST.com – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) menyiapkan 180 event pariwisata mancanegara guna mencapai angka kunjungan 17 juta wisatawan pada 2018 ke Indonesia.

Dalam Rakornas III 2017 hari pertama di Birawa Assembly Hall, Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, 26 September 2017, Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Mancanegara (Deputi BP3M) Kemenpar, I Gde Pitana memaparkan rangkaian Even Pariwisata sepanjang 2018 guna mendukung pencapaian target tersebut.

“Berkolaborasi dengan Dinas Pariwisata, kami telah menyiapkan 180 even terbagi untuk kawasan Asia Tenggara (Asteng), Asia Pasifik (Aspas) dan Eropa, Timur Tengah, Amerika, dan Afrika (ETTAA),” kata I Gde Pitana.

I Gde Pitana menjelaskan, 180 even tersebut terdiri dari beberapa kategori seperti Pameran Wisata Umum (38 even), Pameran Wisata Khusus (20 even), Festival Wonderful Indonesia (29 Even), dan Misi Penjualan (93 Even).

“Belum termasuk Bimbingan Teknis (Bimtek) sebanyak 80 even sepanjang 2018 dan Perjalanan Wisata Umum di mana melibatkan 1,055 orang serta Perjalanan Wisata Minat Khusus  dan MICE melibatkan sekitar 380 orang,” ujar dia.

Lantas, bagaimana mendukung pencapaian target wisman dengan ratusan even tersebut? Pitana dengan gamblang menbeberkan poin-poin penting seputar aktivitas promosi dan optimisme melalui serentetan program pada 2018 nanti.

Baca juga:  Lewat Ini, Endank Soekamti Promosi Eksotisme Bromo

“Guna mencapai target tersebut stategi pemasaran dan promosi pariwisata terus digencarkan. Untuk marketing strategy menggunakan pendekatan DOT (Destination, Original, dan Time), promotion strategy dengan BAS (Branding, Advertising, dan Selling), media strategy dengan pendekatan POSE terutama pada pasar utama di antaranya dengan berpartisipasi pada event pameran pariwisata internasional untuk mempromosikan Wonderful Indonesia,” kata Pitana.

Lebih lanjut, Pitana menjabarkan strategi pemasaran dengan pendekatan DOT itu akan difokuskan pada 10 Bali Baru dengan kesiapan 3A:  Akses, Amenitas, Akses. Diantaranya Great Jakarta; Great Bali; Great Kepri; Joglosemar (Yogyakarta,Solo, dan Semarang);  Bunaken– Wakatobi Raja Ampat, Medan, Lombok, Makassar, Bandung, dan Banyuwangi.

Dia memasang target wisman dari lima negara besar , Tiongkok, Singapura, Malaysia, Australia dan Jepang bisa  menjadi penyumbang wisman terbesar ke Indonesia pada 2018.

“Sesuai rangkaian kegiatan strategis Kementerian Pariwisata tahun 2018, di mana fokus pada Digital Tourism, Homestay dan Air Connectivity. Selain itu tujuh kegiatan strtategis lain seperti Branding, Top 10 originasi, top 3 destinasi utama (15 destinasi branding), pengembangan 10 destinasi prioritas, Sertifikasi Kompetensi SDM dan Gerakan Sadar Wisata, Peningkatan Investasi Pariwisata dan Pengelolaan Crisis Center menjadi penopang ketiga fokus utama tadi,” papar I Gde Pitana.

Baca juga:  Berkah Sail Sabang 2017 Mengalir Sampai Jauh

“Tentu fokus kita pada kegiatan hard selling, dimana setelah dua tahun terakhir ini kami fokus membangun branding Wonderful Indonesia, pada  tahun  ini  akan lebih fokus pada kegiatan hardselling  dan kerjasama dengan airlines dan wholesalers,” dia melanjutkan.

Sebagai gambaran konkrit, untuk membidik pasar di kawasan Asia Pasifik (Tiongkok, Australia, Jepang, Korea, India dan pasar lain,  Deputi BP3M lebih banyak melakukan kegiatan hardselling berupa pameran dan misi penjualan (sales mission).

“Pasar Tiongkok kami garap melalui even CITM, PWI, Kerjasama dengan Baidu, C-Trip dan Charter Flight,” kata dia.

Menggarap pasar Eropa, Kemenpar menggelar even antara lain ITB Berlin, IFTMTop Reza, Vakantiebeurs, WTM London dan PWI. Kemenpar kemudian membidik Australia di PWI Melbourne dan Sydney, Wisman Singapura dari NATAS dan ITB Asia. Sedangkan di Malaysia, kami kembali ikut MATTA dan rangkaian kegiatan PWI.

Sedangkan, untuk pasar India, Indonesia mengikuti even SATTE, OTM dan PWI. Amerika sendiri dibidik melalui IMEX Amerika dan DEMA Show.
“Wonderful Indonesia akan goda pasar Korea melalui HANA Tour, MODE Tour dan KOTFA. Jepang dengan dengan mengikuti JATA dan kegiatan PWI, sedangkan Taiwan melalui Taipei International Travel Fair.”

Baca juga:  Indosat Ooredoo Luncurkan Paket Unlimited Ramadhan Mulai Harga Rp 5000

Sementara itu, untuk menggoda pasar Thailand, Wonderful Indonesia siap meramaikan  even Thailand International YravelFair, turis Timur tengah digarap melalui even ATM Dubai sedangkan Hongkong melalu DRT Hongkong.

“Itu gambaran even  untuk membantu pencapaian target wisman, dan kita sudah punya modal besar. Wonderful Indonesia telah mendapatkan 13 penghargaan di 6 negara. Yang terakhir adalah kemenangan Wonderful Indonesia menjadi juara dunia pada tanggal 15 September 2017 dalam  UNWTO Video Competition Chengdu, China. Ini tentu prestasi membanggakan dan hasil kerja keras semua pihak dan tambahan spirit dan motivasi kami,” urai I Gde Pitana mengakhiri.

Dengan segudang  even mancanegara tentu membuat , Menpar Arief Yahya berpesan agar produk-produk wisata terus diperbaiki. “Saya tekankan, Kemenpar tidak punya kemampuan untuk memperbaiki destinasi. Destinasi- atau produk harus diperbaiki, dibenahi. Terpenting, destinasi adalah Pemda, karena mereka nanti menerima turis dengan serangkaian manfaat ekonomis,” ujar Arief.

“Perlu Indonesia Incorporated, kerja bareng, bersama-sama membangun pariwisata sesuai dengan porsi. Ketika ini dilakukan secara simultan, maka potensi untuk sukses tidak akan terbendung,” ucap Arief menambahkan. (kmb/balipost)

BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *