BOJONEGORO, BALIPOST.com – Ratusan warga dari berbagai agama menyerbu 37 gunungan naga yang telah dipersiapkan pengurus Klenteng Hok Swi Bio Bojonegoro. Hal ini merupakan tradisi yang setiap tahun digelar oleh pengurus klenteng sebagai bentuk syukur atas berkah yang diberikan Tuhan.

Sejak pagi hari, ratusan warga dari berbagai agama berkerumun di depan pagar Klenteng Kwan Sing Bio Bojonegoro. Mereka akan mengikuti ritual tradisi sedekah bumi.

Baca juga:  Gelorakan "Rahina Tresna Asih," Tumpek Krulut Dirayakan Meriah

Dalam acara ini, pengurus klenteng telah menyiapkan sebanyak 37 gunungan naga yang ditempatkan di tempat khusus dengan diberikan hadiah berupa makanan, pakaian, serta doorprize di beberapa patung naga. Sebelum ritual grebek gunungan naga dilakukan, terlebih dulu pengurus klenteng melakukan sembahyang dan mendoakan ke 37 gunungan tersebut sebanyak tiga kali.

Warga baru diperbolehkan masuk setelah lonceng dibunyikan petugas. Setelah sembahyang selesai, petugas langsung membunyikan lonceng pertanda acara grebekan gunung naga dimulai.

Baca juga:  Tangis dan Makian Mewarnai Pembongkaran Paksa Rumah Warga di Tegal Jambangan

Menurut Darsini, salah satu warga yang berebut gunungan naga, yang paling diincar dalam perebutan gunungan naga adalah kepala naga. Pasalnya, seringkali panitia menyelipkan hadiah doorprize berupa kulkas mauapun mesin cuci dan peralatan elektronik lainnya di tempat tersebut.

Sementara itu, menurut Ketua Ttid Hok Swi Bio Bojonegoro, Tjan Tjung What, acara ini setiap tahunnya diselenggarakan sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan atas rahmat serta kelancaran dalam berusaha. (kmb/balitv)

Baca juga:  Jaringan Air Putus, Warga Serbu Sumur Bor
BAGIKAN

TINGGALKAN BALASAN

Please enter your comment!
Please enter your name here

CAPCHA *